Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Bowie, Lobster Setengah Jantan dan Setengah Betina yang Sangat Unik

Kompas.com - 08/12/2023, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

 

KOMPAS.com - Melalui media sosial Instagram dan TikTok, Jacob Knowles, seorang nelayan lobster di Maine, Amerika Serikat, memperlihatkan lobster unik yang ditangkap oleh salah satu temannya.

Lobster yang diberi nama Bowie itu mungkin merupakan lobster paling langka di Atlantik Utara. Pasalnya, warna tubuh Bowie terbagi menjadi dua, dengan sisi kirinya berwarna biru cerah dan sisi kanannya berwarna oranye.

Tidak hanya itu, Bowie juga merupakan gynandromorph bilateral, yakni hewan setengah betina dan setengah jantan.

Disebut lobster paling langka

Menurut Knowles, Bowie adalah lobster paling langka di Teluk Maine.

Baca juga: Mengapa Lobster Menjadi Merah Saat Dimasak?

Diperkirakan lobster biru berjumlah satu dari 2 juta dan lobster dengan dua warna berjumlah satu dari 50 juta. Perkiraan ini membuat Bowie sangat langka, terlebih mengingat ia juga merupakan gynandromorph bilateral.

Gynandromorphism bilateral adalah kondisi ketika kedua bagian tubuh menunjukkan karakteristik seksual yang berbeda. Kondisi ini jarang terjadi, namun telah didokumentasikan pada puluhan spesies, mulai dari burung hingga serangga.

Jenis kelamin biologis ditentukan oleh kombinasi kromosom seks. Misalnya, pada manusia dan beberapa spesies lain, laki-laki memiliki kromosom X dan Y, sedangkan perempuan memiliki dua kromosom X, meskipun kombinasi ini tidak sebatas itu.

Para ilmuwan percaya mekanisme di balik gynandromorphism bilateral terjadi pada tahap awal perkembangan.

Ketika organisme mulai tumbuh, sel XY jantan akan mengalami mitosis dan menggandakan kromosomnya, menjadi XXYY, sebelum membelah menjadi dua sel XY.

Baca juga: Apakah Lobster Bisa Merasakan Sakit seperti Hewan Lainnya?

Namun, pada gynandromorph, proses ini tidak berjalan sesuai rencana. Alih-alih membelah menjadi dua sel XY, sel tersebut secara tidak sengaja membelah menjadi sel X dan sel XYY.

Jika proses ini terjadi pada tahap awal perkembangan, hal ini dapat mengakibatkan sebagian besar sel menjadi X dan XYY.

Jacob dan tim sempat menyimpan Bowie di kandang di pelabuhan. Namun, hujan deras yang tidak terduga menyebabkan air di teluk menjadi tercampur dengan air tawar, dan hal ini bukan kabar baik bagi hewan yang terbiasa dengan air laut.

Untungnya, Oseanarium dan Pusat Pendidikan di Bar Harbor datang untuk menyelamatkan dan menyediakan tangki untuk Bowie.

Lobster tersebut tampaknya sudah beradaptasi dengan baik dengan lingkungan barunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com