Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Hidup Sampai 100 Tahun, Ahli Temukan Cara Hitung Umur Lobster

Kompas.com - 26/09/2021, 19:02 WIB
Monika Novena,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Mungkin tak banyak yang tahu, beberapa spesies lobster dapat hidup lebih dari 100 tahun. Namun menentukan berapa usia krustasea ini bukan perkara gampang.

Seringkali orang hanya berpatokan pada ukuran tubuhnya saja, padahal itu adalah metode yang salah.

"Sampai sekarang usia lobster biasanya diperkirakan menggunakan ukurannya, tetapi itu tak akurat karena masing-masing lobster tumbuh pada tingkat yang berbeda," kata Dr. Martin Taylor, peneliti studi dari University of East Anglia seperti dikutip dari Phys, Sabtu (25/9/2021).

Baca juga: Lobster Langka Warna Kuning Terjaring Nelayan, Ini Penampakannya

Selain metode ukuran tubuh, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa usia lobster bisa dihitung dari cincin di bagian batang mata dan perutnya. Tapi metode ini tak bisa dilakukan untuk lobster hidup.

Belum lagi lobster memiliki cangkang keras dan tak elastis sehingga untuk tumbuh mereka harus melepaskan cangkang lama dan menggantinya dengan yang baru.

Namun, lobster pada usia yang sama tak selalu tumbuh dan berganti kulit pada waktu yang sama. Misalnya lobster yang lebih banyak makan di perairan lebih hangat dapat tumbuh lebih cepat sehingga sangat sulit mengetahui berapa umur lobster sebenarnya.

Lantas mengapa menentukan usia lobster begitu penting?

“Sangat penting untuk dapat memperkirakan berapa banyak lobster dari usia tertentu yang ada di suatu area tertentu sehingga mereka dapat dipanen secara berkelanjutan," ungkap Eleanor Fairfield, peneliti lain yang terlibat.

Nah, sekarang peneliti telah menemukan cara menentukan usia lobster, yakni berdasarkan DNA-nya.

Dalam studinya, peneliti mempelajari lobster Eropa yang memang sangat penting secara ekonomi dan ekologis.

Tim kemudian menggunakan metode yang bergantung pada kuantifikasi perubahan DNA yang terakumulasi seiring bertambahnya usia pada lobster.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Lobster Betina Lepaskan Cangkangnya Saat Kawin

"Kami mengidentifikasi hubungan yang sangat kuat antara usia dan modifikasi DNA yang memungkinkan kami untuk secara akurat memperkirakan usia masing-masing lobster," papar Taylor.

Menurutnya juga, teknologi ini nanti juga memiliki potensi untuk diterapkan pada spesies lain.

Dr. Carly Daniels, kepala ilmu produksi dan pengembangan di Penangkaran Lobster Nasional menambahkan bahwa memiliki indikasi usia lobster yang akurat akan membantu perikanan, ilmuwan, dan ahli konservasi untuk memahami, mengelola, dan melestarikan stok lobster yang rentan.

Studi dipublikasikan di Evolutionary Applications.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PHYSORG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com