Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Penis Akan Mengecil Seiring Bertambahnya Usia?

Kompas.com - 25/11/2023, 20:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang yang mengalami kecemasan terkait ukuran penis. Pasalnya, hal ini kerap dikaitkan dengan kepuasan seksual pasangan.

Beberapa kondisi mungkin dapat memengaruhi ukuran penis. Misalnya, pada pria obesitas, penis tampak lebih pendek karena terdapat lebih banyak lemak di bawah kulit di pangkal penis yang terlihat.

Selain itu, apakah usia juga bisa memengaruhi ukuran penis? Apakah penis akan mengecil seiring bertambahnya usia?

Ukuran penis dan usia

Tidak ada bukti pasti bahwa panjang dan ketebalan penis akan berubah secara alami seiring bertambahnya usia.

Pasalnya, belum ada penelitian yang menganalisis orang dewasa yang sama dan ukuran penis mereka selama beberapa dekade. Penelitian yang ada hanya membandingkan ukuran penis antara orang dewasa dengan usia berbeda.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Kanker Penis, Penyakit Langka yang Berbahaya

Di samping itu, ada berbagai cara untuk mengukur ukuran penis, termasuk peregangan dan ereksi. Hal ini juga mempersulit perbandingan studi.

Namun, bagi sebagian orang, kondisi yang berhubungan dengan penuaan tampaknya dapat mengurangi panjang penis. Ini termasuk:

  • Obesitas (yang menyembunyikan pangkal penis)
  • Efek operasi prostat (sementara)
  • Penyakit Peyronie (jaringan parut pada lapisan fibrosa penis menyebabkan penis membengkok secara tidak normal)

Panjang penis yang ereksi juga bisa berkurang seiring bertambahnya usia karena disfungsi ereksi (ketidakmampuan untuk mencapai ereksi yang cukup untuk aktivitas seksual) dan elastisitas penis yang berkurang.

Perlu diketahui bahwa penuaan normal mencakup perubahan pada pembuluh darah penis, saraf, dan organ terkait, seperti prostat.

Baca juga: Benarkah Masturbasi Bisa Mengubah Ukuran Penis?

Jadi, seiring bertambahnya usia, wajar jika pria mengalami perubahan kecil pada ukuran dan bentuk penis, penurunan bertahap dalam fungsi dan sensitivitas ereksi, atau masalah kencing ringan yang tidak mengganggu.

Tetap menjaga hidup sehat dan rutin menemui dokter untuk memeriksakan kondisi umum (seperti tekanan darah tinggi) akan memperlambat perubahan terkait usia ini.

Berapa ukuran penis rata-rata?

Sebuah artikel penelitian tahun 2020 mencatat bahwa kebanyakan pria percaya bahwa rata-rata panjang penis yang ereksi adalah sekitar 15,2 cm. Faktanya, ukuran rata-ratanya jauh lebih kecil.

Meskipun ukurannya sangat bervariasi, panjang rata-rata penus mungkin 12,9–13,97 cm. Meskipun hasil berbagi penelitian sedikit berbeda, sebagian besar penelitian memperkirakan rata-ratanya berada dalam kisaran ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com