Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Herbal untuk Redakan Jerawat, Apa Saja?

Kompas.com - 15/11/2023, 18:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki wajah yang mulus dan bersih tanpa jerawat adalah dambaan banyak orang. Permasalahan jerawat bagi sebagian orang, terutama remaja, merasa malu dan menurunkan rasa percaya diri.

Tidak heran, banyak orang mencari cara untuk menyembuhkan maupun mencegah masalah kulit satu ini. Mulai dari perawatan wajah dengan produk kecantikan hingga pergi berkonsultasi ke dokter kulit.

Baca juga: Benarkah Produk Susu Bisa Menyebabkan Jerawat?

Tapi tahukah Anda, selain menggunakan obat-obatan dan perawatan wajah, herbal juga bisa digunakan untuk mengurangi efek negatif jerawat?

Hal ini disampaikan oleh Peneliti pada Pusat Riset Ekologi dan Etnobiologi-BRIN serta mahasiswa Program Doktoral Fakultas Biologi-UGM, Emma Sri Kuncari.

"Herbal banyak dipilih antara lain karena efek sampingnya yang lebih rendah dibandingkan obat-obatan bahan kimia sintetis serta karena lebih ramah lingkungan," ujar Emma kepada KOMPAS.com.

"Banyak tumbuhan yang mempunyai efek penghambatan terhadap pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Selain itu, beberapa tanaman juga terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-lemak," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Emma menjelaskan setidaknya ada 6 tanaman herbal yang bisa digunakan untuk meringankan jerawat.

1. German chamomile (Matricaria chamomilla L.)

Mungkin Anda mengenal German chamomile sebagai teh untuk mengatasi insomnia karena memberi rasa rileks. Chamomile sendiri merupakan salah satu herbal yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan.

Dalam penelitian yang terbit tahun 2022 di jurnal Life, salah satu manfaat chamomile adalah untuk meringankan jerawat.

"Bunga ini memiliki sifat anti alergi, anti bakteri, anti radang, dan antioksidan. Dapat diberikan dalam bentuk infus, teh, salep, gel, pencuci, obat kumur, dan kapsul," kata Emma.

Baca juga: Apakah Stres Bisa Menyebabkan Jerawat?

"Untuk meringankan jerawat, chamomile biasa digunakan secara topikal pada kulit yang berjerawat," imbuhnya.

2. Chase tree (Vitex agnus-castus L.)

Bunga Chaste Tree atau Vitex agnus-castusShutterstock/lemacpro Bunga Chaste Tree atau Vitex agnus-castus

Tanaman herbal yang satu ini cukup banyak diketahui dapat membantu meringankan jerawat sebelum menstruasi. Peneltian yang terbit dalam jurnal Jundishapur Journal of Microbiology tahun 2015 menjadi buktinya.

Hal senada juga diungkap oleh Emma.

"(Tanaman ini) biasa digunakan secara oral (melalui mulut) untuk meringankan jerawat pramenstruasi (menjelang haid). Ekstrak buah utuh mampu bekerja menurunkan kadar prolaktin pramenstruasi," ujar Emma.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com