Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Manfaat Menggunakan Guling Saat Tidur?

Kompas.com - 12/11/2023, 19:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Menggunakan guling atau bantal di antara kedua lutut saat tidur dapat meningkatkan kenyamanan secara keseluruhan.

Secara khusus, guling dapat membantu mengurangi tekanan pada lutut. Posisi tidur dengan guling juga dapat membantu menjaga tulang belakang, pinggul, dan panggul tetap sejajar, yang sangat berguna bagi orang yang mengalami sakit punggung.

Orang yang terbiasa tidur menyamping dan wanita hamil mendapatkan manfaat paling besar dari penggunaan guling, yang dapat membantu mereka merasa tertopang dan lebih nyaman saat tidur.

Manfaat tidur dengan guling di antara lutut

Meletakkan guling di antara lutut membantu menjaga lutut tetap memiliki tumpuan. Tanpa bantal, pinggul dan punggung juga cenderung melintir.

Berikut adalah beberapa manfaat potensial dari tidur dengan guling di antara lutut.

Baca juga: Benarkah Minum Air Setelah Bangun Tidur Bermanfaat untuk Kesehatan?

1. Mengurangi nyeri punggung dan pinggul

Memperbaiki posisi tidur merupakan salah satu cara mudah untuk mengurangi nyeri pinggang akibat postur tubuh yang buruk.

Meletakkan bantal di antara lutut atau paha berpotensi membantu menjaga keselarasan alami pinggul dan panggul saat tidur.

Keselarasan yang lebih baik ini dapat membantu menghilangkan ketegangan pada ligamen atau otot yang meradang, yang menyebabkan ketidaknyamanan.

2. Dapat mengurangi nyeri linu panggul

Tidur dengan posisi yang menyebabkan punggung bagian bawah dan pinggul terpelintir dapat memperburuk nyeri linu panggul karena saraf yang semakin tertekan.

Tidur dengan bantal di antara kedua lutut dapat membantu mengurangi tekanan dengan menjaga tulang belakang tetap sejajar.

Baca juga: Benarkah Makan Pisang Bisa Memperbaiki Kualitas Tidur?

3. Dapat mengurangi nyeri herniasi diskus

Bagi penderita herniasi diskus, rotasi tulang belakang yang berlebihan dapat menyebabkan nyeri akibat tekanan pada saraf tulang belakang.

Memilih posisi tidur yang meminimalkan perputaran tulang belakang, seperti tidur dengan bantal di antara kedua kaki, dapat membantu meredakan ketidaknyamanan.

4. Dapat memperbaiki postur tubuh

Riset menemukan bahwa tidur dengan posisi tidak simetris dapat menyebabkan perubahan struktural negatif pada tulang belakang.

Memperbaiki postur tidur dengan meletakkan bantal di antara kedua kaki dapat membantu kita menjaga kesehatan tulang belakang dan postur tubuh secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com