Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2023, 10:01 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) diguncang gempa bumi pada pukul 09.06 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat kekuatan gempa bumi yang terjadi pada Minggu (12/11/2023) pagi ini adalah M 5,4.

Menurut pengamatan BMKG, episenter atau pusat gempa berada pada 14 km tenggara Kupang, NTT dengan kedalaman 41 km.

Baca juga: Sumbawa Diguncang Gempa Bumi M 5,1

Guncangan ini dirasakan oleh warga di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III. Ini berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah, seperti ada truk yang melintas.

Sedangkan warga Kabupaten Rote Ndao merasakan getaran dalam skala II MMI. Artinya, getaran terasa oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung terlihat bergoyang.

Retakan pada tembok akibat gempa M 5,4 di Kupang Retakan pada tembok akibat gempa M 5,4 di Kupang

"Gempa ini menimbulkan kerusakan ringan berupan retak rambut pada tembok beberapa rumah warga," tulis Kepala Pusat Informasi Gempa Bumi BMKG, Daryono, dalam siaran pers yang diterima KOMPAS.com.

Daryono juga menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pemodelan BMKG, gempa bumi yang terjadi di Kupang ini tidak berpotensi tsunami.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat deformasi batuan dalam slab lempeng (intra slab) di bawah Pulau Timor," tulis Daryono.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," sambungnya.

Dari pengamatan BMKG, hingga pukul 09.30 WIB, belum ada gempa susulan yang terjadi pasca guncangan ini.

Baca juga: Ilmuwan Selidiki Penyebab Gempa Terbesar yang Pernah Terjadi di Mars

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com