Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/11/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Zat besi merupakan mineral penting yang terlibat dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk mengangkut oksigen dalam darah dan menyediakan energi.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi, kita perlu mengonsumsi beberapa makanan yang tinggi zat besi. Kekurangan zat besi juga dikaitkan dengan peningkatan risiko anemia defisiensi zat besi.

Makanan yang mengandung banyak zat besi

Berikut adalah beberapa makanan sehat yang tinggi zat besi menurut sains.

1. Kerang

Semua kerang mengandung zat besi yang tinggi. Khususnya, tiram dan remis merupakan sumber zat besi yang sangat baik.

Misalnya, satu porsi kerang sebanyak 100 gram dapat mengandung hingga 3 mg zat besi, yang merupakan 17% dari kebutuhan harian.

Baca juga: Makanan Bisa Lebih Awet jika Dimasak dengan Panci Presto, Kok Bisa?

Namun, kandungan zat besi dalam kerang sangat bervariasi, dan beberapa jenis mungkin mengandung jumlah yang jauh lebih rendah.

Adapun zat besi dalam kerang adalah zat besi heme, yang lebih mudah diserap tubuh daripada zat besi non-heme yang ditemukan pada tumbuhan.

2. Bayam

Bayam memberikan banyak manfaat kesehatan dengan kalori yang sangat sedikit. Sekitar 100 gram bayam mentah mengandung 2,7 mg zat besi atau 15% dari kebutuhan harian.

Meskipun zat besi dalam bayam adalah non-heme, yang tidak dapat terserap dengan baik, bayam juga kaya akan vitamin C. Vitamin C penting untuk secara signifikan meningkatkan penyerapan zat besi.

3. Hati dan jeroan lainnya

Jeroan, termasuk hati, otak, dan jantung, sangatlah bergizi. Misalnya, 100 gram hati sapi mengandung 6,5 mg zat besi atau 36% dari kebutuhan harian.

Baca juga: Deteksi Risiko Anemia akibat Kurang Zat Besi, Seberapa Pentingkah?

Jeroan juga tinggi protein dan kaya akan vitamin B, tembaga, dan selenium. Terlebih lagi, jeroan adalah salah satu sumber kolin terbaik, yakni nutrisi penting untuk kesehatan otak dan hati.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber zat besi yang baik, terutama untuk vegetarian. Sebanyak 198 gram lentil matang mengandung 6,6 mg zat besi atau 37% dari kebutuhan harian.

Kacang-kacangan, seperti kacang hitam dan kacang merah, semuanya dapat membantu meningkatkan asupan zat besi dengan mudah.

Faktanya, sebanyak 86 gram kacang hitam matang menyediakan sekitar 1,8 miligram zat besi atau 10% dari kebutuhan harian.

5. Daging merah

Sebanyak 100 gram daging giling mengandung 2,7 mg zat besi atau 15% dari kebutuhan harian. Daging juga kaya akan protein, seng, selenium, dan beberapa vitamin B.

Baca juga: 5 Makanan Rendah Kalori tapi Tetap Mengenyangkan

Para peneliti telah mengatakan bahwa kekurangan zat besi mungkin lebih kecil kemungkinannya pada orang yang makan daging, unggas, dan ikan secara teratur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com