Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mencerna Makanan?

Kompas.com - 21/10/2023, 13:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat menyantap makanan, Anda mungkin tidak memikirkan perjalanan yang akan dilalui setiap potongan makanan tersebut saat melalui sistem pencernaan Anda.

Kira-kira berapa lama sih waktu yang dibutuhkan untuk mencerna makanan itu?

Dikutip dari Live Science, Selasa (17/10/2023) untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan sistem pencernaan dalam mencerna makanan lebih rumit dari perkiraan.

Pasalnya berbagai jenis makanan dipecah dan diserap oleh tubuh dengan kecepatan yang berbeda-beda.

Artinya, beberapa bagian makanan mungkin masuk ke usus besar sementara bagian lainnya masih di dalam perut.

Orang sehat juga biasa mencerna makanan dengan kecepatan yang sedikit berbeda.

Baca juga: Berapa Lama Bisa Bertahan di Luar Angkasa Tanpa Baju Astronot?

Waktu mencerna makanan

Para ilmuwan pun telah melakukan penelitian untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan suatu zat untuk bergerak melalui seluruh saluran pencernaan atau disebut dengan waktu transit usus.

Studi-studi ini menunjukkan, diperlukan waktu antara 0,4 hingga 15,3 jam bagi makanan untuk meninggalkan lambung dan 3,3 hingga 7 jam untuk melewatu seluruh usus kecil.

Sisa makanan yang tidak dapat dicerna kemudian masuk ke usus besar, di mana mereka mungkin bertahan selama kurang lebih 15,9 hingga 28,9 jam, menurut ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Medicine pada tahun 2023.

Nina Nandy, ahli gastroenterologi yang berbasis di Texas mengatakan makanan kaya serat makanan, protein, karbohidrat kompleks, dan lemak cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan makanan rendah nutrisi.

“Serat menambah jumlah besar pada makanan, yang memperlambat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Sedangkan makanan yang banyak diproses cenderung dicerna lebih cepat karena kekurangan nutrisi,” katanya.

Meski saluran pencernaan dapat memproses makanan yang kurang pada nutrisi dengan cukup cepat, lambung dan usus kecil membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah makanan kaya protein dan lemak menjadi nutrisi yang dapat digunakan oleh tubuh.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Tidur Siang yang Baik untuk Tubuh?

 

Demikian pula, karbohidrat kompleks, seperti yang ditemukan dalam biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran bertepung membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan gula sederhana.

Itu karena karbohidrat kompleks terbuat dari rantai panjang dan kompleks yang terdiri dari tiga jenis molekul gula atau lebih, sedangkan gula sederhana hanya mengandung satu atau dua gula.

“Tubuh harus memecah karbohidrat kompleks menjadi gula sederhana sebelum penyerapan dapat terjadi,” kata Nandy.

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Ideal untuk Mandi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com