Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Kandungan Protein dalam Daging Ayam?

Kompas.com - 08/10/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Daging ayam merupakan salah satu daging yang paling umum dikonsumsi di seluruh dunia.

Daging ayam termasuk makanan berprotein tinggi yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti membentuk otot, mempertahankan otot, dan menghilangkan lemak.

Kandungan protein dalam daging ayam

Berikut adalah jumlah protein, secara umum, dalam setiap potongan daging ayam.

1. Dada ayam

Dada ayam matang tanpa kulit seberat 172 gram mengandung 54 gram protein. Ini sama dengan 31 gr protein per 100 gr.

Dada ayam juga memiliki 284 kalori atau 165 kalori per 100 gr. Sebanyak 80% kalorinya berasal dari protein, sedangkan 20% berasal dari lemak.

Baca juga: Benarkah Tidak Boleh Makan Daging Saat Kolesterol Tinggi?

Potongan dada ayam memiliki protein yang tinggi serta rendah kalori sehingga dapat dikonsumsi tanpa khawatir kelebihan kalori.

2. Paha atas ayam

Satu paha atas ayam matang tanpa kulit dan tanpa tulang dengan berat 52 gr mengandung 13,5 gr protein. Ini sama dengan 26 gr protein per 100 gr.

Paha atas ayam juga memiliki 109 kalori per paha atau 209 kalori per 100 gr. Sebanyak 53% kalori berasal dari protein, sedangkan 47% berasal dari lemak.

Paha atas ayam memiliki warna yang sedikit lebih gelap dibandingkan dada ayam. Hal ini dikarenakan paha ayam lebih aktif dan mengandung lebih banyak mioglobin.

Molekul ini membantu menyediakan oksigen pada otot yang aktif serta membuatnya berwarna lebih merah.

Baca juga: Apakah Efek Makan Daging Setiap Hari?

3. Paha bawah ayam

Paha bawah paha ayam tanpa kulit dan tulang dengan berat 44 gr mengandung 12,4 gr protein. Ini setara dengan 28,3 gr protein per 100 gr.

Paha bawah ayam juga mengandung 76 kalori per paha atau 172 kalori per 100 gr. Sebanyak 70% kalorinya berasal dari protein, sedangkan 30% berasal dari lemak.

Kebanyakan orang memakan paha bawah ayam dengan kulitnya. Paha ayam dengan kulit memiliki 112 kalori, dengan 53% kalori berasal dari protein dan 47% berasal dari lemak.

4. Sayap ayam

Saty sayap ayam tanpa kulit atau tulang seberat 21 gr mengandung 6,4 gr protein. Ini setara dengan 30,5 gr protein per 100 gr.

Sayap ayam juga memiliki 42 kalori per sayap atau 203 kalori per 100 gr. Sebanyak 64% kalori berasal dari protein, sedangkan 36% berasal dari lemak.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Daging Kambing?

Seperti halnya paha bawah, kebanyakan orang memakan sayap ayam yang masih berkulit. Sayap ayam dengan kulit mengandung 99 kalori, dengan 39% kalori berasal dari protein dan 61% dari lemak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com