Ekosistem Sungai Kian Terancam akibat Pembuangan Limbah

Kompas.com - 28/09/2023, 14:00 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Hari Sungai Sedunia, yang diperingati oleh masyarakat global setiap tahunnya, menjadi waktu penting untuk memahami keberhargaan sungai dalam kehidupan.

Sungai bukan hanya sumber air yang utama, melainkan juga menjadi habitat bagi berbagai jenis organisme dan ekosistem yang penting.

Baca juga: Mengapa Minyak Jelantah Tidak Boleh Dibuang ke Saluran Air Limbah?

Sayangnya, studi terbaru telah mengungkapkan bahwa sungai semakin terancam oleh pembuangan limbah, yang ternyata memiliki dampak lebih buruk daripada yang dihasilkan oleh sektor pertanian.

Temuan ini telah diterbitkan di jurnal ilmiah Global Change Biology dan Ecological Solutions and Evidence, menyoroti ancaman serius terhadap kualitas air dan ekosistem sungai.

Limbah mengancam ekosistem dan keanekaragaman sungai

Dilansir dari Science Daily edisi 21 September 2023, di Inggris, air limbah yang telah diolah oleh perusahaan air serta air limbah yang tidak diolah akibat hujan lebat diizinkan mengalir ke sungai.

Hal ini berdampak negatif pada ekosistem sungai, keanekaragaman hayati, dan dapat memengaruhi kesehatan manusia jika air tersebut digunakan untuk pertanian, minum, atau rekreasi.

"Air limbah adalah ancaman umum bagi kualitas air sungai," ujar Dr Dania Albini, Departemen Biologi, Universitas Oxford.

"Walaupun ada pabrik pengolahan limbah, tidak semua polutan dapat dihilangkan, dan zat kimia lainnya tetap mencemari sungai, berdampak buruk pada ekosistem air dan organisme yang ada di dalamnya," sambungnya.

Para peneliti memeriksa dampak pertanian, limpasan perkotaan, dan pembuangan limbah terhadap sungai di Inggris. Mereka menguji empat sungai selama tiga bulan di lokasi hulu dan hilir di mana limbah dibuang.