Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Penderita Asam Urat Boleh Makan Jeroan?

Kompas.com - 20/09/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Asam urat adalah sejenis arthritis atau radang sendi, yakni suatu kondisi peradangan pada persendian. Penderita asam urat dapat mengalami serangan nyeri, bengkak, dan radang sendi yang tiba-tiba dan parah.

Kabar baiknya, asam urat dapat dikontrol dengan obat-obatan, pola makan yang ramah asam urat, dan perubahan gaya hidup.

Jeroan dan asam urat

Dilansir dari Healthline, beberapa makanan dapat memicu kambuhnya penyakit dengan meningkatkan kadar asam urat. Mengikuti pola makan yang membatasi daging tertentu, alkohol, dan gula dapat membantu mengatasi asam urat.

Banyak makanan pemicu asam urat yang tinggi purin, yakni zat yang ditemukan secara alami dalam makanan. Saat mencerna purin, tubuh menjadikan asam urat sebagai produk limbah.

Baca juga: Apakah Reumatik dan Asam Urat Berbeda?

Hal ini tidak menjadi masalah bagi orang yang tidak menderita asam urat karena mereka secara efisien menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh.

Namun, penderita asam urat tidak dapat membuang kelebihan asam urat secara efisien. Oleh sebab itu, pola makan tinggi purin dapat menyebabkan asam urat menumpuk dan meningkatkan kemungkinan terkena serangan asam urat.

Makanan dengan jumlah purin sedang hingga tinggi di antaranya adalah jeroan, daging merah, jenis makanan laut tertentu, alkohol, dan bir.

Beberapa dari kita mungkin sangat menyukai hidangan jeroan. Namun, dilansir dari Arthritis Foundation, sangat tinggi purin, yang dapat meningkatkan kadar asam urat dan memicu serangan asam urat. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi jeroan jika memiliki penyakit asam urat.

Sementara itu, beberapa sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga mengandung purin. Namun, penelitian menunjukkan bahwa makanan nabati yang tinggi purin tidak memicu serangan asam urat.

Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Mengatasi Asam Urat

Mengonsumsi banyak sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan justru baik untuk kesehatan dan dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

Makanan rendah purin

Selengkapnya, berikut adalah daftar makanan dan minuman rendah purin:

  • Produk susu rendah lemak
  • Biji-bijian utuh
  • Sayuran
  • Kacang-kacangan non-kedelai
  • Buah dan jus buah
  • Telur
  • Kopi
  • Teh

Di samping itu, banyak jenis daging dan ikan yang mengandung purin dalam jumlah tinggi. Jika sedang mengadopsi diet rendah purin, sebaiknya batasi atau hindari makanan berikut:

  • Daging merah
  • Makanan laut termasuk tuna, sarden, ikan teri, dan herring
  • Jeroan, seperti ginjal dan hati

Baca juga: 5 Obat Herbal Asam Urat yang Ampuh Redakan Nyeri

Selain itu, mengonsumsi fruktosa tingkat tinggi mungkin juga meningkatkan produksi asam urat. Sirup fruktosa pekat, biasanya, banyak digunakan dalam produk jus dan soda manis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com