Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2023, 06:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tubuh manusia tersusun oleh banyak sel. Dalam sebuah studi, peneliti dari Max Planck Institute di Jerman telah membuat perkiraan baru mengenai jumlah sel pada orang dewasa dan anak-anak.

Perkiraan berapa banyak sel ini didasarkan pada lebih dari 1500 makalah ilmiah yang merinci berbagai jenis sel dan jaringan dalam tubuh manusia.

Jumlah sel pada tubuh manusia

Dikutip dari New Scientist, Selasa (19/9/2023) rata-rata dalam tubuh seorang pria dewasa sedikitnya memiliki sekitar 36 triliun sel, sementara rata-rata wanita dewasa memiliki 28 triliun sel di dalam tubuhnya.

Selain itu, peneliti juga menemukan massa sel kecil di tubuh manusia seperti sel darah, kira-kira sama dengan massa sel besar seperti sel otot. Akan tetapi, hal ini masih membingungkan para peneliti.

Untuk menghitung jumlah sel dalam tubuh manusia, Ian Hatton yang merupakan peneliti dari Max Planck Institute Jerman, bersama rekan-rekannya menganalisis lebih dari 1500 makalah ilmiah.

Baca juga: Berapa Banyak Manusia yang Bisa Ditampung Bumi?

Mereka menganalisis dengan melihat faktor-faktor seperti berapa banyak jenis sel yang ada di dalam tubuh, berapa banyak masing-masing jenis sel yang ada di setiap jaringan dalam tubuh manusia, rata-rata ukuran dan massa setiap jenis sel.

Peneliti pun menemukan lebih dari 400 jenis sel yang diketahui di 60 jaringan berbeda dalam tubuh manusia.

Dengan menggunakan angka dari Komisi Internasional untuk Perlindungan Radiologi, yang telah mengumpulkan massa setiap jaringan tubuh pria dewasa dengan berat badan 70 Kg, wanita dewasa dengan berat badan 60 Kg, dan anak-anak dengan berat badan 32 Kg, tim kemudian memperkirakan berapa banyak sel yang ada di setiap tipe tubuh.

"Kuncinya adalah mencari makalah yang menggambarkan jumlah sel di berbagai jaringan,” kata anggota tim Eric Galbraith dari McGill University di Kanada.

“Dan kemudian mengetahui bahwa jenis jaringan tersebut terdiri dari sel-sel tertentu dan mengetahui kisaran ukuran sel-sel tersebut,” katanya lagi.

Hasilnya tim memperkirakan, tubuh wanita dewasa memiliki 28 triliun sel dan anak-anak memiliki 17 triliun sel, sedangkan pria dewasa memiliki 36 triliun sel.

Baca juga: Berapa Banyak Spesies Manusia Purba yang Ada di Bumi?

"Sayangnya masih banyak informasi untuk referensi laki-laki dibandingkan perempuan atau anak-anak sehingga masih perlu studi lebih lanjut lagi," papar Galbraith.

Selain jumlah sel, tim juga menemukan bahwa massa setiap ukuran sel dalam tubuh tampaknya kira-kira sama.

“Dalam tubuh kita, kita memiliki jumlah sel yang sangat kecil, sel yang sangat besar, dan semua ukuran sel di antaranya dalam jumlah yang kira-kira sama, dalam hal massa,” jelas Galbraith.

Menjadi hal yang menarik untuk mempelajari sel karena manusia semua bermula dari satu sel sebelum akhirnya menjadi organisme dewasa.

Studi analisis jumlah sel dalam tubuh manusia ini telah dipublikasikan di jurnal PNAS.

Baca juga: Berapa Banyak Manusia yang Bisa Tinggal di Bumi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com