Berapa Banyak Spesies Manusia Purba yang Ada di Bumi?

Kompas.com - 15/06/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Homo sapiens bukanlah satu-satunya spesies manusia di planet ini. Dahulu kala, ada lebih banyak keragaman manusia di Bumi.

Studi menunjukkan Homo sapiens hidup berdampingan dengan spesies manusia lain yang diperkirakan sudah punah sekitar 300.000 tahun yang lalu.

"Tapi sekarang hanya tinggal satu spesies manusia yang tersisa dan secara historis itu sangat aneh," kata Nick Longrich, ahli biologi evolusi di University of Bath di Inggris.

Berbagai spesies manusia purba

Sebenarnya ada berapa banyak spesies manusia purba yang pernah tinggal di Bumi?

Dikutip dari Live Science, Rabu (14/6/2023) untuk mencari tahu berapa banyak spesies manusia yang ada Bumi adalah hal yang rumit.

Pasalnya, peneliti harus menggali fosil baru untuk mengidentifikasi spesies yang benar-benar terpisah dan sebelumnya tidak diketahui.