Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Spesies Manusia Purba yang Ada di Bumi?

Kompas.com - 15/06/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Homo sapiens bukanlah satu-satunya spesies manusia di planet ini. Dahulu kala, ada lebih banyak keragaman manusia di Bumi.

Studi menunjukkan Homo sapiens hidup berdampingan dengan spesies manusia lain yang diperkirakan sudah punah sekitar 300.000 tahun yang lalu.

"Tapi sekarang hanya tinggal satu spesies manusia yang tersisa dan secara historis itu sangat aneh," kata Nick Longrich, ahli biologi evolusi di University of Bath di Inggris.

Berbagai spesies manusia purba

Sebenarnya ada berapa banyak spesies manusia purba yang pernah tinggal di Bumi?

Dikutip dari Live Science, Rabu (14/6/2023) untuk mencari tahu berapa banyak spesies manusia yang ada Bumi adalah hal yang rumit.

Pasalnya, peneliti harus menggali fosil baru untuk mengidentifikasi spesies yang benar-benar terpisah dan sebelumnya tidak diketahui.

Baca juga: Berapa Banyak Orang yang Meninggal di Luar Angkasa?

Selain itu, menurut John Stewart, ahli paleoekologi evolusioner di Bournemouth University di Inggris masih ada perdebatan soal definisi spesies manusia dan sejauh mana kita bisa menerima variasi dalam satu spesies.

Contohnya saja, beberapa peneliti berpendapat bahwa spesies yang dikenal sebagai Homo erectus sebenarnya terdiri dari beberapa spesies berbeda, termasuk Homo georgicus dan Homo ergaster.

"Ini akan bervariasi tergantung pada siapa Anda berbicara," kata Stewart.

Definisi spesies sendiri dulu cukup sederhana. Jika dua individu dapat menghasilkan keturunan yang subur, mereka berasal dari spesies yang sama.

Oleh karena itu, meski kuda dan keledai secara biologis serupa, bukanlah spesies yang sama.

Namun dalam beberapa dekade terakhir, definisi itu telah membuat jalan bagi perdebatan ilmiah yang lebih kompleks, termasuk soal spesies manusia purba.

Baca juga: Berapa Banyak Manusia yang Bisa Tinggal di Bumi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com