Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2023, 12:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Oat milk atau susu oat adalah susu alternatif untuk susu sapi. Oat milk cocok untuk orang yang mengadopsi pola makan vegan, tidak toleran laktosa, alergi susu, dan memiliki kondisi gastroenterologis, seperti penyakit Crohn, kolitis ulserativa, atau sindrom iritasi usus besar.

Umumnya, oat milk dibuat dengan merendam steel cuts-oat dalam air, lalu menyaring campurannya. Beberapa produk oat milk juga diperkaya dengan vitamin dan mineral.

Setiap merek milk oat memiliki campuran vitamin dan mineral yang berbeda. Dikutip dari Medical News Today, secara umum, susu oat mengandung nutrisi yang tinggi, termasuk kalsium dan vitamin B12.

Namun, oat milk tidak mengandung semua nutrisi yang sama seperti susu sapi, yang menyediakan lebih banyak protein dan lebih banyak vitamin.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Makan Oat Setiap Hari?

Manfaat susu oat untuk kesehatan

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat susu oat untuk kesehatan.

1. Bebas dari laktosa

Karena berbahan dasar oat dan air, oat milk cocok untuk pola makan vegan dan bebas laktosa.

Meskipun oat secara alami bebas gluten, ost milk dapat diproses di pabrik yang sama dengan biji-bijian yang mengandung gluten yang dapat mencemari mereka.

Jika ingin susu oat yang bebas gluten, periksa label untuk memastikan produk tersebut dibuat dengan oat bebas gluten bersertifikat. Alternatifnya, kita bisa membuat sendiri susu oat menggunakan oat bersertifikat bebas gluten.

2. Sumber vitamin B yang baik

Oat milk umumnya diperkaya dengan vitamin B seperti riboflavin (B2) dan vitamin B12. Vitamin B sangat penting untuk kesehatan yang optimal dan terkait dengan banyak manfaat.

Baca juga: Makan Oat Mentah, Amankah untuk Kesehatan?

Misalnya, vitamin B dapat membantu mengurangi stres, memerangi kerusakan oksidatif, dan meningkatkan kesehatan rambut, kuku, serta kulit.

3. Menurunkan kolesterol LDL (jahat)

Oat milk tinggi beta glukan, yakni sejenis serat larut dengan manfaat kesehatan jantung. Beta glukan membentuk zat seperti gel di dalam usus yang dapat mengikat kolesterol dan mengurangi penyerapannya. 

Dengan demikian, beta glukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, terutama kadar kolesterol jahat, yang telah dikaitkan dengan penyakit jantung.

Sebuah terhadap 58 studi yang melibatkan sebagian besar orang dengan kolesterol tinggi menunjukkan bahwa asupan 3,5 gram beta glukan setiap hari selama 5-6 minggu dapat mengurangi kolesterol jahat dan apolipoprotein B masing-masing sebesar 4% dan 2%.

Baca juga: 4 Manfaat Buah Lengkeng untuk Kesehatan

Apolipoprotein B adalah protein utama yang ditemukan dalam kolesterol jahat. Ini adalah indikator risiko penyakit jantung yang lebih baik, bukan hanya kolesterol jahat.

4. Baik untuk kesehatan tulang

Oat milk umumnya diperkaya dengan kalsium dan vitamin D, keduanya bermanfaat bagi tulang. Kalsium sangat penting untuk tulang yang kuat dan sehat karena merupakan mineral utama yang digunakan untuk membentuknya.

Seiring waktu, kekurangan kalsium secara terus-menerus dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan lebih mungkin patah atau retak.

Vitamin D yang cukup juga sama pentingnya karena membantu penyerapan kalsium dari saluran pencernaan. Kekurangan vitamin D dapat membuat tubuh tidak mendapatkan cukup kalsium dan dengan demikian melemahkan tulang.

Baca juga: 5 Manfaat Kol untuk Kesehatan

Banyak jenis oat milk yang juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Beberapa penelitian telah mengaitkan vitamin ini dengan tulang yang sehat dan risiko osteoporosis yang lebih rendah.

Namun, perlu diingat, bagaimanapun, oat milk buatan sendiri tidak akan mengandung vitamin D atau B12 karena hanya versi komersial yang diperkaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com