Berapa Banyak Lubang Hitam yang Ada di Alam Semesta?

Kompas.com - 11/06/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Lubang hitam biasanya mengacu pada area di ruang angkasa di mana gaya gravitasi sangat besar sehingga tidak ada materi atau radiasi yang dapat menghindarinya.

Ini termasuk juga cahaya yang mengakibatkan kita tidak dapat melihatnya.

Baca juga: Apakah Ada Lubang Hitam Terbesar di Alam Semesta?

Penyebab paling umum di balik kelahiran lubang hitam adalah kematian sebuah bintang.

Jadi meski tidak mungkin untuk melihat lubang hitam, teleskop yang sangat canggih digunakan untuk mengamati struktur dan perilaku bintang yang hampir mati.

Menemukan lubang hitam

Namun bagaimana para ahli bisa menemukan lubang hitam jika cahaya saja tidak luput darinya.

Mengutip Science ABC, Sabtu (10/6/2023) ada beberapa cara untuk mengetahui keberadaan lubang hitam ini.

Baca juga: Apakah yang Terjadi Saat Lubang Hitam Bertabrakan?

Metode pertama adalah memperhatikan aspek gravitasi lubang hitam.

Setiap lubang hitam akan menyebabkan entitasmendekat dan berkelompok hingga akhirnya jatuh ke jalur satu arah yang padat. Tetapi metode ini dianggap tidak terlalu efisien karena banyak fenomena lain yang menyebabkan efek serupa.

Metode kedua adalah dengan mencari kemungkinan emisi sinar-x.

Saat materi jatuh ke lubang hitam, itu terkumpul dalam struktur seperti cincin yang padat tepat di cakrawala dan energi tersebut diubah menjadi cahaya beberapa kesempatan sehingga memungkinkan untuk menemukan salah satu lubang hitam ini.

Jumlah lubang hitam

Jadi dengan metode tersebut, apakah ahli bisa mengetahui jumlah lubang hitam di alam semesta dan ada berapa banyak?