Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2023, 18:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Dalam eksperimen pertama, penjelajah Perseverance NASA berhasil mengekstraksi udara di Mars menjadi oksigen.

Penjelajah Perseverance NASA menghasilkan 4,3 ons atau 122 gram oksigen yang cukup untuk menopang kehidupan manusia dewasa selama tiga jam di planet Mars.

Perseverance membuat oksigen di Mars

Dikutip dari Live Science, Senin (11/9/2023) penjelajah Perseverance milik NASA yang pertama kali mendarat di Mars pada Februari 2021.

Dalam misi ke Mars ini, wahana antariksa tersebut dilengkapi dengan perangkat Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment (MOXIE) yang digunakan untuk memproduksi oksigen.

Perangkat tersebut menghasilkan oksigen dengan mengubah karbon dioksida secara berkala selama dua tahun.

Menurut NASA, sejak Perseverance mendarat di Planet Merah, perangkat seukuran gelombang mikro yang disematkan pada wahana antariksa ini telah berhasil membuat 122 gram oksigen.

Baca juga: Perseverance Mars NASA Bidik Puing-puing Pendaratannya, Seperti Apa?

Jumlah oksigen yang berhasil dihasilkan Perseverance NASA tersebut memberikan para ilmuwan harapan bahwa kehidupan manusia suatu hari nanti dapat bertahan di planet yang tidak ramah tersebut.

“Kami bangga telah mendukung teknologi terobosan seperti MOXIE yang dapat mengubah sumber daya lokal menjadi produk yang berguna untuk misi eksplorasi di masa depan,” kata Trudy Kortes, direktur demonstrasi teknologi, Direktorat Misi Teknologi Luar Angkasa (STMD) di Markas Besar NASA di Washington, dalam sebuah pernyataan.

“Dengan membuktikan teknologi ini di kondisi dunia nyata, kita telah selangkah lebih dekat menuju masa depan di mana para astronot bisa hidup di Planet Merah,” ungkap Kortes.

Karbon dioksida berlimpah di planet Mars dan membentuk 95 persen atmosfer tipisnya.

Dengan menghilangkan sejumlah kecil karbon dioksida selama 16 percobaan, perangkat MOXIE menghilangkan atom oksigen dari CO2 dan menganalisis kemurniannya sebelum menyimpan dengan aman di dalam kapsul.

Sisanya kemudian dikeluarkan dalam bentuk karbon monoksida.

Keberhasilan perangkat MOXIE yang disematkan pada wahana antariksa Perseverance NASA dalam membuat oksigen dengan mengekstraksi karbon dioksida di Mars ini membawa harapan besar akan upaya untuk mewujudkan kehidupan di planet Mars.

Baca juga: Perseverance NASA Lakukan Perjalanan Pertama Jelajahi Permukaan Mars

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com