Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Aktivitas Matahari Menyebabkan Paus Terdampar?

Kompas.com - 09/09/2023, 13:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Penelitian menunjukkan, beberapa spesies paus lebih mungkin tersesat dan secara tidak sengaja terdampar selama periode peningkatan aktivitas matahari, misalnya saja badai matahari.

Aktivitas matahari itu bisa menjadi lebih sering terjadi selama periode maksimum matahari atau fase paling aktif dari siklus 11 tahun matahari.

Ini tentu dapat menimbulkan masalah bagi kelompok hewan di laut, terutama paus.

Lantas mengapa aktivitas matahari itu membuat paus berpotensi lebih sering terdampar?

Hubungan aktivitas matahari dan navigasi paus

Dikutip dari Live Science, Jumat (8/9/2023) paus adalah salah satu hewan yang bisa merasakan medan magnet. Hal tersebut mungkin terkait dengan kemampuan navigasi paus menggunakan medan magnet.

Baca juga: Apakah Paus Bisa Menderita Skoliosis?

Paus yang terdampar, kemungkinan disebabkan karena mamalia laut ini sulit merasakan medan magnet bumi ketika aktivitas matahari terjadi, seperti saat badai matahari menghantam planet.

"Sejumlah besar hewan dapat merasakan medan magnet bumi. Kemampuan ini disebut magnetoreception," ungkap Kenneth Lohmann, ahli biologi di University of North Carolina.

Beberapa spesies hewan yang punya kemampuan itu antara lain lobster, ikan, penyu, burung, migran, dan beberapa serangga, termasuk juga paus. Bahkan, beberapa hewan menggunakannya untuk mengarahkan dirinya ke arah tertentu, seperti menggunakan kompas.

Namun bagi yang lain, ini bertindak seperti sistem GPS yang memungkinkan mereka mengetahui secara pasti di mana mereka berada dan ke mana mereka harus pergi.

Setidaknya dua spesies paus yaitu paus abu-abu (Eschrichtius Robustus) dan paus sperma (Physeter macrocephalus) menggunakan magnetoreception.

Spesies paus lainnya, seperti paus bungkuk (Megaptera novaeangliae), kemungkinan besar juga menggunakan magnetoreception. Akan tetapi membuktikan hal tersebut memang sulit.

Baca juga: Apakah Ada Hewan yang Lebih Besar dari Paus Biru?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com