Kompas.com - 07/09/2023, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Dalam sepersekian detik, otak kita dapat memunculkan pikiran, merasakan sensasi, dan merespons segala yang kita lihat.

Semburan aktivitas otak yang sangat cepat memberi kita kemampuan tersebut dan memungkinkan kita melakukan berbagai hal dan aktivitas.

Cara sel-sel otak mengirimkan pesan

Dilansir dari Live Science, langkah pertama dalam proses penyampaian pesan oleh sel otak adalah potensial aksi atau gelombang listrik yang dipicu di sel saraf atau neuron.

Neuron yang ditemukan di otak, sumsum tulang belakang, dan seluruh tubuh umumnya mengirimkan pesan dengan cara yang sama.

Baca juga: Mengapa Otak Manusia Berkerut-kerut?

Setiap kali ada sesuatu yang perlu kita perhatikan, misalnya suara tertentu, reseptor di organ indera akan mengaktifkan sel-sel saraf yang menuju ke otak. Terowongan kecil di membran neuron akan terbuka sehingga memungkinkan molekul atau ion bermuatan positif masuk ke dalam sel.

Partikel bermuatan ini beriak di sepanjang membran sel, mirip dengan cara elektron melewati kabel pada perangkat listrik.

Sinyal listrik ini berjalan dari membran sel ke dalam aksonnya, yakni struktur panjang seperti ekor yang menonjol dari badan sel. Akson ini dipisahkan dari akson sel saraf berikutnya dalam rantai komunikasi melalui celah yang disebut sinapsis.

Ketika impuls listrik ini mencapai ujung akson, neuron melepaskan bahan kimia yang disebut neurotransmiter ke dalam sinapsis. Bahan kimia ini berkeliaran melintasi celah tersebut dan menempel pada reseptor spesifik di neuron berikutnya.