Kompas.com - 26/08/2023, 11:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Saat ini, Mars menjadi salah satu planet yang paling banyak mendapat perhatian dari para ilmuwan. Berbagai misi luar angkasa dilakukan untuk mempelajari planet merah ini.

Terutama mempelajari permukaan Mars, lingkungan hingga potensi keberadaan air di Mars.

Selain itu, ilmuwan ingin menemukan bentuk kehidupan di Mars. Tujuannya, untuk mengetahui apakah manusia bisa membuat koloni dan tinggal di Mars.

Baca juga: Seperti Apa Simulasi Tinggal di Mars Selama Setahun?

Baru-baru ini peneliti berhasil mengungkap seperti apa permukaan Mars. Menariknya, permukaan planet meah itu tampak tidak biasa, lanskap tersebut menyerupai permukaan otak manusia yang berkeriput.

Masih menjadi misteri apa yang sebenarnya menyebabkan lanskap permukaan planet Mars bisa berbentuk seperti itu.

Permukaan planet Mars

Dikutip dari Science Alert, Jumat (25/8/2023) lanskap seperti otak ini ditemukan di garis lintang Mars, tempat dataran utara bertemu dengan dataran tinggi selatan yang kenal sebagai lobate apron.

Lanskap itu kaya es yang terbentuk di dasar stuktur tinggi seperti punggung kawah dan bukit yang datar (mesa).

Berhubung medan berada di tempat es, para ilmuwan berpikir pembentukan permukaan Mars ini kemungkinan berkaitan dengan perilaku air beku.