Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2023, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kalsium adalah mineral yang sangat penting untuk kesehatan secara umum. Susu, keju, dan yogurt adalah sumber kalsium terbaik, namun banyak makanan non-susu yang juga kaya akan kalsium.

Makanan non-susu dengan kalsium tinggi merupakan pilihan baik bagi orang dengan pola makan nabati untuk memenuhi kebutuhannya akan mineral penting ini.

Makanan tinggi kalsium

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah beberapa makanan yang mengandung banyak kalsium.

1. Biji chia

Sebanyak satu ons atau 2 sendok makan biji chia sudah dapat memberikan asupan 179 mg kalsium untuk tubuh.

Chia juga mengandung boron, yang mampu meningkatkan kesehatan tulang serta otot dengan membantu tubuh memetabolisme kalsium, fosfor, dan magnesium.

Baca juga: Apa Saja Makanan yang Mengandung Kolagen?

2. Kacang almond

Sebanyak 1 cangkir almond utuh mengandung 385 mg kalsium, yakni lebih dari sepertiga dari jumlah harian yang direkomendasikan.

Namun, kacang almond dalam porsi yang sama juga mengandung 838 kalori dan hampir 72 gram lemak.

Meskipun sebagian besar lemaknya menyehatkan dan merupakan lemak tak jenuh tunggal, jumlah kalori kacang almond cukup tinggi, sehingga penting untuk membatasi asupannya menjadi porsi yang lebih kecil.

3. Tahu

Tahu adalah makanan sumber kalsium yang sangat baik. Namun, kandungan kalsium dalam tahu bervariasi, yakni berkisar antara 275–861 mg per setengah cangkir.

Baca juga: 5 Makanan Ramah Lingkungan untuk Cegah Penyakit Kronis

4. Biji bunga matahari

Satu cangkir biji bunga matahari atau kuaci mengandung 109 mg kalsium. Biji bunga matahari juga kaya akan magnesium, yang berfungsi untuk menyeimbangkan efek kalsium dalam tubuh serta mengatur kesehatan saraf dan otot.

Selain itu, biji bunga matahari mengandung vitamin E dan tembaga. Nutrisi ini dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tulang serta mencegah pengeroposan tulang.

Namun, biji bunga matahari bisa mengandung garam tambahan dalam jumlah tinggi, sehingga dapat menghabiskan kadar kalsium tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, pilihlah biji bunga matahari yang mentah dan tanpa garam.

5. Brokoli

Satu cangkir brokoli beku mengandung 87 mg kalsium. Mengonsumsi banyak sayuran silangan, termasuk brokoli, diyakini dapat menurunkan risiko kanker.

Baca juga: 8 Makanan dengan Kandungan Purin yang Rendah

Penelitian pada hewan pengerat menunjukkan bahwa senyawa dalam brokoli dapat membantu mencegah kanker kandung kemih, payudara, usus besar, hati, dan perut. Namun, penelitian pada manusia memberikan hasil yang tidak meyakinkan.

6. Ubi jalar

Satu ubi jalar berukuran besar mengandung 68 mg kalsium. Umbi-umbian ini juga kaya akan potasium, vitamin A, dan vitamin C.

Vitamin A adalah antioksidan penting yang dapat meningkatkanpenglihatan yang baik, ketahanan terhadap efek penuaan, dan pencegahan kanker. Ubi jalar juga secara alami rendah lemak dan kalori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com