Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Banyak Konsumsi Makanan Manis Bisa Menyebabkan Jerawat?

Kompas.com - 20/08/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jerawat yang muncul di muka bisa jadi akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri, apalagi jika tumbuhnya cukup banyak.

Ada beberapa hal yang disebut dapat memicu timbulnya jerawat, salah satunya adalah makan gula. Tapi benarkah demikian?

Baca juga: Makan Makanan Manis Setiap Hari Bisa Memperpendek Umur, Kok Bisa?

Makan makanan manis

Mengutip Live Science, Sabtu (19/8/2023) jerawat dihasilkan dari interaksi yang kompleks antara kadar hormon, kelenjar minyak, sel kulit yang menggumpal dan mikrobioma kulit yang dikombinasikan dengan faktor gaya hidup seperti stres dan pola makan.

Dengan berbagai faktor tersebut, Tanya Greywal, seorang dokter kulit dan instruktur di University of Washington menyebut perubahan pola makan umumnya tidak direkomendasikan sebagai satu-satunya pengobatan untuk seorang yang berjerawat.

"Sering kali obat topikal atau oral juga diperlukan," katanya.

Studi nutrisi sendiri telah menemukan hubungan antara asupan gula dan jerawat. Studi dari Cina, Prancis, dan Turki melacak diet peserta dan melihat korelasi antara keduanya. Namun, studi observasi tersebut tidak membuktikan bahwa gula menyebabkan jerawat.

Baca juga: Apakah Efek Makan Daging Setiap Hari?

Sementara dalam uji coba terkontrol secara acak di Korea Selatan, peserta dengan jerawat yang melakukan diet rendah karbohidrat dan rendah glisemik mengalami sedikit perbaikan pada jerawat mereka dibandingkan dengan peserta diet berat karbohidrat.

Namun, sulit untuk menarik kesimpulan yang pasti karena banyak studi jerawat memiliki cacat desain eksperimental yang membuat hasilnya sulit untuk ditafsirkan.

Dalam studi observasi yang mengeksplorasi korelasi antara diet dan jerawat, peserta biasanya menyelesaikan survei tentang makanan mereka. Namun, orang-orang tidak mencatat dengan tepat apa yang mereka makan atau jumlahnya.

Survei juga cenderung dilakukan pada beberapa titik waktu dan, oleh karena itu, sebagian besar mengabaikan bagaimana pola diet bervariasi dalam jangka waktu yang lama.

Untuk memperumit masalah, makanan manis juga sering mengandung bahan lain yang mungkin mempengaruhi jerawat, seperti produk susu atau coklat.

Keterbatasan ini menimbulkan keraguan tentang hubungan antara gula dan jerawat.

Penyebab lain timbulnya jerawat

Ada juga pemicu jerawat lainnya yang seringkali tidak diperhitungkan dalam studi nutrisi dan kurang mudah dikontrol.

Baca juga: Terlalu Banyak Makan Makanan Manis Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan, Kok Bisa?

Misalnya, penumpukan hormon stres kortisol dapat memperburuk jerawat, atau orang mungkin memiliki kondisi mendasar yang memicu jerawat, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), suatu kondisi yang melibatkan resistensi insulin dan sintesis berlebihan hormon pria oleh ovarium.

Lonjakan hormon pria, seperti testosteron juga merupakan pemicu utama jerawat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com