Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Galaksi Terdekat?

Kompas.com - 21/08/2023, 16:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Galaksi adalah salah satu sistem bintang dan materi antarbintang yang membentuk alam semesta.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, salah satu galaksi yang populer adalah Galaksi Andromeda, yang merupakan galaksi spiral besar di konstelasi Andromeda.

Galaksi Andromeda merupakan salah satu dari sedikit galaksi yang dapat terlihat dengan mata telanjang dan tampak buram seperti warna susu.

Sebagai galaksi spiral terdekat dari Bumi, Andromeda terletak sekitar 2.480.000 tahun cahaya dari Bumi, dengan diameter sekitar 200.000 tahun cahaya.

Baca juga: Galaksi Hantu Tertutup Kabut Ditangkap Teleskop Hubble

Perjalanan ke galaksi terdekat

Berapa lama waktu yang dibutuhkan pesawat ruang angkasa untuk melakukan perjalanan ke galaksi terdekat dari Bumi bergantung pada kecepatan perjalanannya.

Namun, dilansir dari Cool Cosmos, secara umum, membutuhkan waktu yang sangat, sangat lama untuk mencapai galaksi terdekat.

Galaksi besar terdekat adalah galaksi spiral Andromeda. Sebagaimana yang telah disebutkan, galaksi ini berjarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi.

Adapun satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun dalam ruang hampa dengan kecepatan 186.000 mil per detik. Jadi, dapat dipastikan bahwa untuk mencapai galaksi terdekat pun butuh waktu yang sangat lama.

Baca juga: Di Mana Lokasi Galaksi Andromeda?

Selain Andromeda, galaksi lain yang terdekat dengan Bumi adalah Galaksi Canis Major Dwarf, yang merupakan anggota Grup Lokal galaksi.

Galaksi Canis Major Dwarf ditemukan pada tahun 2003 oleh tim astronom dari Perancis, Italia, Australia, dan Inggris yang terlibat dalamTwo-Micron All Sky Survey (2MASS), sebuah proyek yang dimulai pada akhir tahun 1990-an.

Galaksi Canis Major Dwarf terletak sekitar 25.000 tahun cahaya dari tata surya Bumi dan sekitar 42.000 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com