Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Berang-berang Suka Membangun Bendungan?

Kompas.com - 16/08/2023, 17:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Berang-berang dikenal suka membuat bendungan di sungai, yang dibangun dengan dahan pohon yang mereka potong menggunakan gigi depannya yang kuat.

Selain itu, hewan pengerat ini juga menggunakan rumput, batu, dan lumpur untuk memperkuat struktur bendungan yang mereka bangun.

Tetapi, apa alasan sebenarnya berang-berang Amerika (Castor canadensis) membangun bendungan? Apakah bendungan tersebut menjadi tempat tinggal mereka?

Alasan berang-berang membangun bendungan

Dilansir dari Live Science, secara sederhana, alasan berang-berang membangun bendungan adalah agar mereka tetap aman. Pasalnya, berang-berang memiliki bentuk tubuh yang canggung sehingga sangat rentan akan serangan predator.

Baca juga: 4 Hewan Paling Pintar di Laut, Gurita hingga Berang-berang Laut

Chris Jordan, ahli biologi perikanan di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), mengatakan bahwa berang-berang adalah pengerat dengan bobot 18 hingga 36 kg dan kaki yang sangat pendek. Bentuk tubuhnya ini membuat berang-berang menjadi mangsa yang mudah ditaklukkan.

Emily Fairfax, ahli ekohidrologi di California State University Channel Islands, Camarillo, California, menambahkan, ketika berang-berang berada di darat, mereka sangat canggung dan rentan, tapi saat berada di dalam air, mereka hampir tak terkalahkan.

Berang-berang adalah perenang yang luar biasa dan dapat menahan napas selama 10 hingga 15 menit di dalam air. Dengan membangun bendungan, mereka bisa membuat kolam, dan kolam itu adalah zona aman bagi mereka.

Jordan mengatakan, kolam tersebut cukup dalam bagi berang-berang untuk bersembunyi dari pemangsa, seperti singa gunung, beruang, serigala, dan coyote.

Baca juga: Bukan Hewan Imut, Ahli Identifikasi Fosil Berang-berang Seukuran Singa

Bendungan yang berang-berang buat juga dapat membanjiri area sekitar sehingga memudahkan berang-berang untuk mendekat sumber makanan utama mereka, seperti bunga lili air dan cattails.

Selanjutnya, Jordan menerangkan, berang-berang tidak hanya membangun bendungan, tetapi juga menggali jaringan kanal yang luas di belakangnya untuk menyebarkan air.

Kanal ini dapat dengan aman membawa berang-berang lebih dekat ke pohon, sekaligus membantu mereka untuk mengangkut potongan makanan dan bahan bangunan yang lebih besar bendungan dan tempat penyimpanan makanan mereka.

Berang-berang tidak tinggal di bendungan 

Meskipun bendungan dapat melindungi berang-berang, mereka tidak tinggal di dalam struktur ini. Berang-berang biasanya tinggal di pondok-pondok yang terbuat dari batang, rumput, dan lumpur yang dibangun di tepi kolam yang terbentuk oleh bendungan mereka.

Baca juga: Berang-berang, Hewan Berwajah Lucu yang Setia pada Satu Pasangan

Di pondok-pondok ini, berang-berang tinggal dalam kelompok keluarga, yang dikenal sebagai koloni, yang rata-rata terdiri dari lima ekor berang-berang.

Selain berang-berang Amerika, berang-berang Eurasia, yang hidup di Eropa dan Asia, juga diketahui membangun bendungan, pondok, dan kanal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com