Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hewan Paling Pintar di Laut, Gurita hingga Berang-berang Laut

Kompas.com - 03/03/2023, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Hewan darat, seperti simpanse dan gajah, selalu muncul dalam daftar hewan paling cerdas.

Sementara itu, hewan laut memiliki daftarnya sendiri. Dari gurita tak bertulang hingga paus besar yang tangguh, hewan-hewan laut ini telah menunjukkan kemampuan luar biasa untuk memecahkan masalah, menggunakan alat, serta mengelabui predator dan mangsanya.

Hewan paling pintar di laut

Berikut adalah daftar beberapa hewan paling pintar di laut beserta keunggulannya.

1. Lumba-lumba 

Hewan laut pintar yang pertama adalah lumba-lumba. Mamalia laut ini telah lama dikenal karena perilakunya yang rumit. 

Baca juga: 5 Hewan Paling Langka, Ada yang Berasal dari Indonesia

Dilansir dari Ocean Conservancy, otak lumba-lumba lebih besar dari manusia. Bahkan, rasio otak-ke-tubuh lumba-lumba juga lebih besar daripada kera.

Tetapi, ukuran bukanlah segalanya karena mereka juga memiliki kelompok neuron kompleks yang mengarah pada kesadaran diri, termasuk mengenali refleksi mereka sendiri, dan meningkatkan keterampilan memecahkan masalah. 

Lumba-lumba mampu bermain dengan mainan, memecahkan teka-teki, dan menggunakan alat, yang semuanya merupakan tanda peningkatan kecerdasan.

2. Gurita 

Dilansir dari National Geographic, gurita merupakan hewan yang sangat cerdas, ahli kamuflase yang telah mengembangkan serangkaian trik selama puluhan juta tahun untuk menghindari pemangsa.

Baca juga: 5 Hewan Paling Cepat Mati, Ada yang Usia Dewasanya Hanya 24 Jam

Gurita juga dapat mencocokkan warna dan bahkan tekstur kulitnya dengan lingkungan di sekitarnya sehingga memungkinkan mereka untuk bersembunyi dari predator.

Jika pemangsa terlalu dekat, gurita dapat melarikan diri dengan cepat, menembak diri mereka sendiri ke depan dengan mengeluarkan air dari tabung berotot yang disebut siphon. 

Gurita juga dapat melepaskan tinta hitam, yang mengaburkannya dan menumpulkan indra penciuman predator.

Tubuh gurita yang lunak berarti gurita dapat masuk ke dalam ceruk dan celah yang sangat kecil, selama lubangnya tidak lebih kecil dari satu-satunya bagian tubuh gurita yang keras, yakni paruh mereka.

3. Orca

Orca juga memiliki otak yang sangat besar, yang memungkinkan mereka menyimpan ingatan dan menilai sinyal dari saraf dengan cepat. 

Baca juga: 4 Hewan Paling Berani di Dunia

Orca memiliki otak terbesar kedua dari semua mamalia laut setelah paus sperma. Otak orca hampir empat kali ukuran otak manusia.

Seperti manusia, orca mengembangkan jaringan sosial yang rumit berdasarkan ikatan dan aliansi keluarga. Mereka juga mewariskan pengetahuan dari generasi tua ke generasi muda.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com