Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Aroma Wangi Saat Tidur Bisa Mencegah Demensia

Kompas.com - 14/08/2023, 17:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Peneliti menemukan aroma wangi yang tercium di kamar tidur dapat membantu memperkuat ingatan, bahkan diyakini dapat mencegah potensi demensia.

Sebuah studi menunjukkan, aroma wangi atau wewangian yang diletakkan di kamar tidur, dapat memicu peningkatan kognitif hingga 226 persen.

Hanya dengan membuat kamar tetap wangi selama waktu tidur, dan dilakukan selama 2 jam setiap malam dalam 6 bulan, dalam studi yang dilakukan terhadap lansia membuat ingatan mereka semakin kuat.

Para peneliti di University of California dari Center for the Neurobiology of Learning & Memory, mencoba menguji manfaat wewangian di kamar tidur pada lansia berusia 60-85 tahun tanpa gangguan memori.

Metode studi aroma wangi saat tidur

Dilansir dari Science Daily, Senin (14/8/2023), semua peserta studi ini diberi diffuser dan tujuh katrid, yang masing-masing berisi minyak alami yang berbeda.

Baca juga: Aroma Peppermint Bantu Pengemudi Tetap Waspada Saat Berkendara, Kok Bisa?

Peserta dibagi menjadi dua kelompok, kelompok dengan katrid yang diberikan kadar wewangian lebih kuat, serta kelompok kontrol yang hanya diberikan minyak aroma wangi dalam jumlah kecil.

Mereka kemudian memasukkan katrid yang berbeda ke dalam diffuser setiap malam sebelum tidur, dan diaktifkan selama dua jam saat mereka tidur.

Hasil studi ini pun menunjukkan, kelompok yang dilengkapi tidur dengan katrid dengan aroma wewangian yang lebih kuat menunjukkan peningkatan kognitif hingga 226 persen dibandingkan pada kelompok kontrol.

Peneliti menyimpulkannya setelah menganalisis dan mengukur kemampuan kognitif dengan tes daftar kata yang biasa digunakan untuk mengevaluasi memori.

Selanjutnya, pencitraan otak para peserta studi ini pun menunjukkan integritas yang lebih baik pada jalur otak yang disebut fasciculus uncinate kiri.

Jalur otak tersebut berfungsi menghubungkan lobus temporal medial ke korteks prefrontal pengambil keputusan, yang umumnya kekuatannya semakin berkurang seiring bertambahnya usia.

Selain itu, dengan aroma wangi yang diletakkan saat tidur di kamar, para peserta pun melaporkan bahwa mereka tidur menjadi lebih nyenyak.

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Ulang Aroma Eropa Abad Ke-16, Seperti Apa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com