Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aroma Peppermint Bantu Pengemudi Tetap Waspada Saat Berkendara, Kok Bisa?

Kompas.com - 15/07/2021, 10:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Pengemudi yang mengendarai kendaraan otomatis, menjadi lebih cepat lelah. Mengatasi efek ini, peneliti China menemukan cara untuk membuat pengemudi tetap waspada saat berkendara dengan aroma peppermint.

Seperti dilansir dari Medical Xpress, Kamis (15/7/2021), para peneliti ini menggunakan pendekatan melalui stimulasi penciuman, fokusnya adalah memberikan paparan aroma peppermint kepada pengemudi.

Kelelahan lebih mungkin dialami oleh pengemudi yang mengendarai kendaraan otomatis, dibandingkan mereka yang mengemudikan kendaraan manual.

Studi yang dipublikasikan di International Journal of Vehicle Performance, diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di jalan.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Chongqing di Chongqing, China.

Baca juga: 7 Jenis Aroma Vagina dan Penyebabnya, Mana yang Normal?

 

Qiuyang Tang, Gang Guo, dan Mengjin Zeng, ketiga peneliti tersebut telah melihat bagaimana stimulasi penciuman dengan aroma peppermint dapat memengaruhi kewaspadaan dan kelelahan yang kritis pada pengemudi.

Mereka melihat variabel subjektif dan objektif pada 34 sukarelawan, beberapa di antaranya diuji dengan paparan peppermint dan yang lainnya hanya dengan udara.

Para peneliti ini menemukan bahwa pengemudi yang menghirup aroma peppermint melaporkan rasa lelah yang lebih rendah dibandingkan dengan pengemudi yang menghirup udara tanpa pewangi.

Indikator waktu reaksi dan variabel mata juga mendukung bahwa kewaspadaan pengemudi meningkat selama stimulasi aroma peppermint, tetapi tidak pada kelompok yang hanya terpapar udara.

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Ulang Aroma Eropa Abad Ke-16, Seperti Apa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com