Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Bisa Dapat Vaksin Covid-19, Begini Cara Meningkatkan Imunitas Anak

Kompas.com - 14/07/2021, 21:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Melonjaknya angka kasus positif Covid-19, tak hanya terjadi pada orang dewasa, melainkan juga banyak anak yang terinfeksi.

Bahkan, data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menunjukkan, kematian anak akibat Covid-19 di Indonesia adalah yang tertinggi di dunia.

Terkait hal itu, IDAI meyetujui percepatan dan perluasan pemberian vaksin Covid-19 pada anak-anak, mengingat transmisi dan kematian akibat Covid-19 semakin meningkat tajam.

Baca juga: Apa Saja Syarat Anak Boleh Mendapatkan Vaksin Sinovac?

Sayangnya, vaksin Covid-19 belum bisa diberikan untuk seluruh usia anak. Saat ini, yang bisa menerima vaksin Covid-19 adalah anak-anak yang berusia 12-17 tahun.

Sementara untuk anak-anak usia 3-11 tahun masih menunggu hasil kajian untuk menilai dosis dan keamanannya.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas anak yang belum bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19?

Cara meningkatkan imunitas anak

Dokter spesialis anak RS Pondok Indah, Puri Indah, dr. Ellen Wijaya Sp.A menekankan, hal pertama yang harus dilakukan orangtua adalah menerapkan disiplin protokol kesehatan. Terutama, jika orangtua masih harus berpergian keluar rumah, seperti ke kantor.

Selama di luar rumah, orangtua wajib memakai masker dobel, sering mencuci tangan, dan menjaga jarak, untuk mencegah membawa pulang virus corona ke rumah.

Apalagi menurutnya, kebanyakan anak terinfeksi Covid-19 melalui klaster keluarga.

“Karena itu, jika orangtua pergi keluar rumah, saat sampai di rumah, orangtua harus melepaskan semua pakaian, ponsel, atau kaca mata, kemudian membersihkan diri. Jangan sampai masuk rumah langsung memeluk anak,” ujar dr. Ellen dalam virtual media discussion bertajuk Serba-serbi Vaksinasi Anak, Rabu (14/7/2021).

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah, asupan gizi seimbang dan nutrisi yang adekuat untuk anak. Pastikan anak mengonsumsi makanan bergizi lengkap, termasuk protein hewani, protein nabati, lemak, sayuran, buah, dan sebagainya.

“Kalau kebutuhan gizi anak sudah lengkap terpenuhi, maka tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen multivitamin. Dari makanan gizi seimbang tadi sudah bisa membantu meningkatkan imunitas anak,” jelas dr. Ellen.

Baca juga: Untuk Daya Tahan Tubuh, Perlukah Anak Minum Vitamin Setiap Hari? Ini Kata Ahli

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com