Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Pepaya merupakan buah manis dengan daging buah yang berwarna oranye, bertekstur lembut, dan berair. Umumnya, pepaya dikenal dengan manfaatnya untuk melancarkan pencernaan.

Namun, lebih dari itu, pepaya memiliki beberapa manfaat lain. Berikut adalah penjelasan di balik manfaat pepaya untuk kesehatan.

Mengapa pepaya baik untuk kesehatan?

Dilansir dari Healthline, pepaya adalah buah tropis yang sangat sehat, yang sarat dengan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, melawan penyakit, dan mencegah penuaan dini.

Selain itu, pepaya memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga: 3 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Kulit

Melansir WebMD, pepaya juga sehat karena memiliki asam folat , yang penting untuk mengubah asam amino homosistein menjadi asam amino yang tidak berbahaya.

Tingginya kadar homosistein, asam amino yang utamanya ditemukan dalam produk hewani, merupakan faktor risiko penyakit jantung. Jadi mengonsumsi pepaya dapat menurunkan kadar homosistein dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Selengkapnya, berikut adalah kandungan nutrisi yang membuat pepaya baik untuk kesehatan:

  • Kalori: 59
  • Karbohidrat: 15 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin C: 157% dari Nilai Harian/Daily Value (DV)
  • Vitamin A: 33% dari DV
  • Folat (vitamin B9): 14% dari DV
  • Kalium: 11% dari DV

Baca juga: Benarkah Makan Pepaya Bisa Menurunkan Berat Badan?

Manfaat buah pepaya

Berikut adalah beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan menurut sains:

1. Memiliki efek antioksidan yang kuat

Radikal bebas adalah molekul reaktif yang dibuat selama metabolisme tubuh, yang dapat meningkatkan stres oksidatif serta menyebabkan penyakit.

Antioksidan, termasuk karotenoid yang ditemukan dalam pepaya, dapat menetralisir radikal bebas.

Studi mencatat bahwa pepaya yang difermentasi dapat mengurangi stres oksidatif pada orang lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan pradiabetes, hipotiroidisme ringan, serta penyakit hati.

2. Memiliki sifat antikanker

Penelitian menunjukkan bahwa likopen dalam buah pepaya dapat mengurangi risiko kanker. Selain itu, likopen mungkin juga bermanfaat bagi orang yang sedang dirawat karena kanker.

Baca juga: Apa Saja Kandungan Pepaya yang Menyehatkan?

Pepaya dapat bekerja dengan mengurangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap kanker. Selain itu, pepaya mungkin memiliki beberapa efek unik yang tidak dimiliki oleh buah lain.

Di antara 14 buah dan sayuran yang diketahui memiliki sifat antioksidan, hanya pepaya yang menunjukkan aktivitas antikanker pada sel kanker payudara.

Dalam sebuah penelitian kecil pada lansia dengan peradangan dan kondisi perut prakanker, konsumsi pepaya yang difermentasi mengurangi kerusakan oksidatif. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com