Seperti Apa Mata Panah Zaman Perunggu yang Terbuat dari Benda Langit?

Kompas.com - 01/08/2023, 20:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Mata panah Zaman Perunggu yang digali di Swiss pada abad ke-19 ternyata terbuat dari bahan yang tak terduga.

Awalnya, tim ilmuwan berpikir bahwa bisa saja mata panah tersebut berasal dari tempat yang jauh seperti Estonia.

Akan tetapi, peneliti justru menemukan mata panah terbuat dari besi yang diambil dari benda yang jatuh dari langit.

Objek tersebut diidentifikasi dalam pencarian bersama artefak besi meteorit kuno yang dipimpin oleh ahli geologi Beda Hofmann dari Museum Sejarah Alam Bern dan Universitas Bern di Swiss.

Temuan senjata dari meteorit Zaman Perunggu

Dikutip dari Science Alert, Senin (31/7/2023) besi murni langka di zaman prasejarah, tetapi nenek moyang kita memanfaatkan sumber daya yang paling mudah diakses, yakni besi yang jatuh dari langit, dalam bentuk meteorit.