Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2023, 21:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bunga telang (Clitoria ternatea) merupakan tanaman asli Asia yang dikenal dengan warna birunya yang mencolok.

Bunga telang banyak dimanfaatkan sebagai pewarna alami untuk makanan, minuman, dan tekstil. Selain itu, bunga telang juga biasanya diseduh menjadi teh herbal, yang seringkali dicampur dengan bahan-bahan seperti serai, madu, dan lemon.

Kenapa bunga telang baik untuk kesehatan?

Melansir Healthline, bunga telang dianggap menyehatkan karena kaya akan antosianin, yang disebut ternatin, yang merupakan senyawa antioksidan yang bertanggung jawab atas warnanya yang unik.

Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa ternatin dapat meredakan peradangan dan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, tanaman ini mengandung beberapa antioksidan lain, termasuk:

Baca juga: 3 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

  • Kaemphferol. Senyawa ini telah dipelajari secara ekstensif untuk sifat antikankernya. Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa kaemphferol dapat membunuh sel kanker.
  • Asam p-Coumaric. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam p-coumaric dapat memiliki efek antiinflamasi, antimikroba, dan antivirus, yang dapat membantu melindungi dari penyakit.
  • Delphinidin-3 , 5-glukosida. Menurut sebuah penelitian, antioksidan ini dapat membantu merangsang fungsi kekebalan tubuh dan menyebabkan kematian sel pada sel kanker kolorektal.

Manfaat bunga telang untuk kesehatan

Melansir The Nutrition Insider, berikut adalah beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan.

Baca juga: 6 Manfaat Manggis untuk Kesehatan

1. Mengurangi peradangan dan stres oksidatif

Karena kaya akan antioksidan, bunga telang diperkirakan dapat melawan peradangan dan stres oksidatif. Karena stres oksidatif dan peradangan adalah dua faktor pendorong dari banyak penyakit kronis, bunga telang dipercaya dapat membantu mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit

2. Membantu menurunkan berat badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa bunga telang dapat membantu menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat. Ini kemungkinan besar karena kualitas antioksidan dan anti-inflamasinya.

Dalam studi berbasis sel di laboratorium, ekstrak bunga telang menghambat adipogenesis, pertumbuhan sel lemak baru, dan meningkatkan lipolisis dalam adiposit, yakni pemecahan lemak menjadi energi.

3. Mendukung kesehatan kulit

Ekstrak bunga telang telah dipelajari untuk perannya dalam menghambat aktivitas kolagenase, enzim yang mendegradasi kolagen, yakni protein penting untuk struktur, perlindungan, dan elastisitas kulit.

Baca juga: 4 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

Dalam studi berbasis sel yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research pada tahun 2018, ekstrak air dari bunga telang dapat melindungi sel kulit dari stres oksidatif yang diinduksi UV, yang dapat bermanfaat untuk melawan penuaan kulit akibat kerusakan akibat sinar matahari.

4. Mendukung kesehatan jantung

Bunga telang telah menunjukkan banyak efek kardioprotektif, termasuk mengurangi stres oksidatif dan peradangan, meningkatkan profil kolesterol dan lipid, mengurangi tekanan darah, serta melemahkan disfungsi pembuluh darah.

Dalam uji coba tahun 2021, 16 pria yang kelebihan berat badan mengonsumsi makanan tinggi lemak diikuti dengan 1 g atau 2 g ekstrak bunga telang atau tidak sama sekali.

Hasilnya, peserta yang mengonsumsi sebanyak 2 g mengalami penurunan trigliserida serum dan kadar asam lemak bebas enam jam setelah makan tinggi lemak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com