Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2023, 18:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Tim ahli biologi dan peneliti perairan telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa paus bowhead betina dapat hamil selama 23 bulan.

Hasil tersebut didapat setelah tim mempelajari hormon yang diproduksi oleh paus yang dibunuh oleh pemburu dari suku Inuit selama 13 tahun.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa paus bowhead betina cenderung hamil selama kurang lebih 14 bulan. Angka itu diperoleh dengan mencatat ukuran janin pada beberapa paus mati.

Kendati demikian, tim studi terbaru menemukan ada kemungkinan hal lain yang mampu menghentikan kehamilan, sehingga memungkinkan calon ibu memilih waktu terbaik untuk kelahiran keturunannya.

Reproduksi paus bowhead

Dikutip dari Phys, Kamis (27/7/2023) untuk mempelajari lebih lanjut tentang reproduksi paus bowhead, para peneliti kemudian mengumpulkan sampel balin, yakni sistem penyaring makanan di dalam mulut paus, dari paus yang dibunuh selama tahun 1998 hingga 2011 oleh pemburu Inuit di Greenland dan Arktik Kanada.

Ketika mamalia laut yang mati itu dipelajari dengan seksama, sampel balin menawarkan gambaran mengenai kadar hormon mereka, khususnya progesteron, estradiol, dan kortikosteron.

Baca juga: Mengapa Paus Orca Menenggelamkan Kapal?

Masing-masing hormon dalam paus bowhead tersebut diproduksi selama bagian yang berbeda dari proses kehamilan.

Dalam mempelajari kadar hormon paus dari waktu ke waktu, para peneliti kemudian menemukan bahwa paus tampak hamil hingga 23 bulan.

Peneliti juga menemukan paus bowhead memiliki kemampuan untuk menghentikan kehamilan selama sembilan bulan, itu sebabnya kehamilan pada mamalia ini bisa berlangsung lama.

Diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk mempelajari reproduksi paus bowhead. Akan tetapai jika waktu kehamilan mencapai 23 bulan, itu akan menjadikan paus balik sebagai mamalia dengan durasi kehamilan terlama.

Saat ini, rekor hewan dengan kehamilan terlama dipegang oleh gajah yang memiliki rata-rata waktu kehamilan sekitar 22 bulan.

Temuan ini pun menambah pengetahuan tentang reproduksi mamalia laut tersebut dan dapat membantu melestarikan populasi mereka.

Hasil studi tentang berapa lama kehamilan paus bowhead ini telah dipublikasikan di jurnal Royal Society Open Science.

Baca juga: Bagaimana Cara Paus Tidur?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com