Kompas.com - 14/07/2023, 16:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Supernova adalah fenomena ketika sebuah bintang telah mencapai akhir hidupnya dan meledak dalam semburan cahaya yang cemerlang. Supernova merupakan ledakan terbesar yang terjadi di luar angkasa.

Berbagai peradaban merekam supernova jauh sebelum teleskop ditemukan pada abad ke-17. Supernova tertua yang tercatat adalah RCW 86, yang ditemukan para astronom Cina pada tahun 185 M.

Apa penyebab supernova?

Melansir NASA, supernova terjadi ketika ada perubahan pada inti atau pusat sebuah bintang. Perubahan dapat terjadi dalam dua cara berbeda, yang keduanya menghasilkan supernova.

Jenis supernova pertama terjadi dalam sistem bintang biner. Bintang biner adalah dua bintang yang mengorbit titik yang sama.

Baca juga: Kenapa Matahari Tidak Berkelip-kelip Seperti Bintang Lain?

Salah satu bintang, katai putih karbon-oksigen, mendapat materi dari bintang pendampingnya. Akhirnya, katai putih menumpuk terlalu banyak materi, yang menyebabkan bintang meledak dan menghasilkan supernova.

Jenis supernova kedua terjadi pada akhir masa hidup satu bintang. Saat bintang kehabisan bahan bakar nuklir, sebagian massanya mengalir ke intinya.

Akhirnya, inti bintang menjadi sangat berat sehingga tidak dapat menahan gaya gravitasinya sendiri. Inti bintang pun runtuh, yang menghasilkan ledakan supernova raksasa.

Di supernova terjadi?

Supernova sering terlihat di galaksi lain dan sulit dilihat di galaksi Bima Sakti karena debu menghalangi pandangan kita.