Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
BRIN
Badan Riset dan Inovasi Nasional

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) adalah lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia. BRIN memiliki tugas menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

Potensi Tersembunyi Lahan Basah Karst

Kompas.com - 08/07/2023, 16:34 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Melania Hanny Aryantie

PERNAHKAH Anda mengunjungi gua alami? Setelah masuk celah gua, jalan biasanya akan menurun, suhu mendingin, cahaya semakin menghilang lalu gelap gulita.

Baca juga: Pelajaran soal Karst dan Air dari Kasus Danau Dadakan di Gunung Kidul

 

Dengan bantuan penerangan tambahan, kita dapat melihat pemandangan khas seperti stalaktit, stalakmit, mutiara gua, dan ornamen gua lainnya. Di beberapa titik, air terus-menerus menetes dan membentuk genangan, bahkan sungai.

Jika beruntung, hewan-hewan transparan bisa kita temui seperti ikan, udang, dan serangga. Semua itu adalah lahan basah yang unik, yang baru tampak jika kita masuk ke dalam perut bumi, dan dikenal sebagai karst.

Masyarakat awam mengenali lahan basah secara mudah melalui penampakan kasat mata. Misalnya jika kita berkunjung ke hutan bakau (mangrove), lahan gambut, sawah, atau rawa, maka terlihat nyata bahwa hamparan tanah yang ada tergenang atau terendam air.

Berbeda dengan lahan basah karst yang tidak tampak di permukaan tanah.

Lahan basah karst terbentuk secara alami oleh proses karstifikasi. Secara sederhana, air melarutkan batuan sehingga terbentuk bentang alam khusus seperti kumpulan bukit, danau, ornamen gua, serta sungai bawah tanah.

Karakter alam tersebut sebagian besar dikenali publik sebagai objek wisata, seperti pantai Baron, sungai Bribin, Gua Pindul, Gua Gong, Ramang-ramang Maros dan Raja Ampat.

Dari contoh ini jelas bahwa ciri karst terbentuk dan bisa ditemui baik di permukaan tanah, maupun di bawah tanah.

Akan tetapi, di ranah global lahan basah karst diakui hanya untuk karst bawah tanah dan sistem hidrologi gua melalui Conference of Parties (COP) ke-6 Konvensi Ramsar tahun 1996 di Brisbane, Australia.

Baca juga: Kaya akan Karst, Kenapa Pacitan Kekurangan Air Bersih?

Secara legal, keikutsertaan Indonesia disahkan melalui Keppres No. 48/1991 dengan situs Ramsar pertama, yakni Taman Nasional Berbak, Jambi sebagai habitat burung air.

Meskipun penekanan konvensi Ramsar adalah melindungi flora dan fauna melalui pelestarian lahan basah, tetapi dengan melindungi karst juga bermakna dalam pengendalian dampak perubahan iklim.

Jika sulit membayangkannya, mari kita kembali ke penggambaran gua di awal tadi. Dengan memperhatikan sekitaran gua, kita biasanya menemukan pepohonan, tanaman semak, bahkan hutan kecil.

Tumbuhan diketahui sebagai penyimpan karbon yang efektif melalui proses fotosintesis yang membutuhkan CO2 sebagai bahan baku. Selain di pohon hidup, cadangan karbon juga tersimpan pada seresah (sampah hutan berupa guguran daun dan ranting) serta tanah.

Selain di vegetasi, stok karbon juga ditemukan pada air bawah tanah dalam bentuk kimia (HCO3, Ca, dan Mg) dan batuan karbonat (gamping/kapur). Batuan karbonat diketahui sebagai penyimpan karbon anorganik terbesar di bumi.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com