Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Tantangan Penyelamatan Kapal Selam Titan yang Hilang?

Kompas.com - 23/06/2023, 09:33 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akhirnya, kapal selam Titan yang hilang kontak saat akan menuju bangkai kapal Titanic ditemukan. Kapal selam wisata Titanic itu pun, hari ini, Jumat (23/6/2023) dilaporkan meledak. 

Sebelumnya, upaya penyelamatan terus dikerahkan untuk menemukan kapal selam Titan yang membawa lima awak dan hilang kontak di laut dalam saat perjalanannya menuju bangkai Titanic.

Sebagai informasi bangkai kapal Titanic terletak di sekitar kedalaman 3.800 meter di dasar Samudra Atlantik.

Pada Rabu pagi, (21/6/2023) pesawat pengintai P8 Poseidon Kanada mendeteksi suara dengan interval 30 menit. Namun, suara itu belum bisa dikonfirmasi berasal dari mana.

Nicolai Roterman, seorang ahli ekologi laut dalam dan ahli biologi kelautan di University of Portsmout mengatakan suara itu bisa saja kru yang terperangkap dan mencoba menghubungi dunia luar, sementara pada saat yang sama menghemat energi karena keterbatasan oksigen.

"Jika ini masalahnya, maka itu akan menunjukkan bahwa kapal selam berada di dasar laut atau Titan tersangkut atau terjebak," katanya.

Akan tetapi, terlepas dari berbagai skenario mengapa kapal selam Titan bisa hilang kontak, sebenarnya apa tantangan yang akan dihadapi untuk menyelamatkannya?

Baca juga: Apa Saja Penyakit yang Disebabkan oleh Vape Rokok?

Tantangan penyelamatan kapal selam Titan

Blair Thornton, profesor Otonomi Kelautan di University of Southampton di Inggris, jika kapal selam ditemukan kendaraan bawah air (ROV) yang dioperasikan dari jarak jauh dapat membawanya ke permukaan.

Namun dilansir dari Live Science, Kamis (22/6/2023) jika kapal selam Titan ditemukan dekat dengan kedalaman Titanic, tidak banyak kapal yang bisa mengangkatnya.

Sistem Penyelamatan Kapal Selam NATO (NSRS) memiliki jangkauan kedalaman maksimum 621 meter untuk kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh, ini menempatkan Titan jauh di luar jangkauannya.

Sementara mengangkat kapal selam dari kedalaman 3.800 m itu merupakan tantangan, mengingat bobotnya yang mencapai sekitar 10 ton dan perlu kabel berkilo-kilometer serta sangat kuat untuk melakukannya.

Meski begitu, tetap ada harapan besar untuk menemukan Titan. Beberapa ROV pun kerahkan di area pencarian walaupun tidak jelas apakah itu dapat turun sampai ke kedalaman Titanic.

Baca juga: Apa Saja Exoplanet Paling Mirip dengan Bumi?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com