Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips agar Mudah Bangun Pagi dan Tepat Waktu

Kompas.com - 20/06/2023, 08:01 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, bangun pagi dan memulai aktivitas tepat waktu merupakan hal yang mudah karena sudah terbiasa. 

Namun, banyak orang yang kesulitan untuk bangun di pagi hari dan selalu memulai hari dengan kewalahan. 

Gaya hidup dapat memengaruhi kebiasaan tidur dan bangun. Dengan demikian, sedikit perbaikan gaya hidup mungkin dapat membantu membiasakan bangun di pagi hari.

Cara agar cepat bangun di pagi hari

Dilansir dari The Sleep Foundation, berikut adalah beberapa tips agar mudah bangun pagi dan tepat waktu.

Baca juga: 7 Alasan Bangun Pagi Bermanfaat untuk Kesehatan

1. Konsisten terapkan jadwal tidur dan bangun

Ahli merekomendasikan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Jadwal tidur yang konsisten membantu mengatur jam internal tubuh, yang memengaruhi siklus tidur-bangun. 

Siklus tidur-bangun memengaruhi sejumlah fungsi penting, mulai dari pemulihan energi hingga penyembuhan tubuh. Jika jadwal tidur seseorang tidak teratur, bangun pagi mungkin terasa lebih sulit. 

2. Hindari tombol snooze 

Membiasakan diri untuk bangun dari tempat tidur setelah alarm pertama berbunyi dapat membuat kita lebih mudah bangun pagi. 

Meskipun rasanya ingin menekan tombol snooze untuk tidur beberapa menit lagi, tidur tambahan, berapa lama pun, akan membuat kita lebih sulit bangun. 

Baca juga: Apa Penyebab Sulit Bangun Pagi?

Jika merasa sulit untuk bangun setelah mendengar alarm pertama, pindahkan perangkat alarm lebih jauh dari tempat tidur untuk mendorong tubuh agar bergerak.

3. Tidur yang cukup 

Salah satu alasan orang selalu menekan tombol snooze adalah karena mereka tidak bangun dengan perasaan segar dan ingin waktu tidur lebih lama. 

Namun, tidur ekstra selama beberapa menit di pagi hari bukanlah cara yang efisien untuk mengatasi kurang tidur. 

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, tetapi kebanyakan orang dewasa membutuhkan setidaknya tujuh jam tidur di malam hari. 

Dengan demikian, penting untuk mempertimbangkan waktu tidur dan waktu bangun sehingga bisa mendapatkan tidur yang cukup.

Baca juga: Anak Sekolah Susah Bangun Pagi Harus Dimaklumi, Ada Alasan Biologisnya

4. Dengarkan musik energizing

Bereksperimenlah dengan suara atau musik alarm yang berbeda untuk mengetahui cara paling ampuh untuk membangunkan Anda.

5. Biarkan cahaya alami masuk ke kamar

Paparan sinar matahari menghentikan produksi melatonin, yakni hormon yang membantu mengatur siklus tidur-bangun. Tidur dengan gorden terbuka atau terbuka sebagian memungkinkan matahari membangunkan Anda secara alami. 

Jika tinggal di wilayah dengan sedikit cahaya matahari, mungkin bisa menggunakan lampu bangun tidur. Lampu ini dirancang untuk menyala secara bertahap seperti sinar matahari alami. 

Selain itu, paparan cahaya di siang hari dapat mendukung siklus tidur-bangun yang sehat. Sebuah studi menemukan bahwa cahaya biru di kelas meningkatkan kewaspadaan dan suasana hati yang membaik selama kelas pagi.

Studi lain terhadap karyawan kantor yang terpapar cahaya selama hari kerja menunjukkan suasana hati yang lebih baik dan kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com