Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2023, 15:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengamatan baru menunjukkan bahwa Saturnus memiliki lebih dari 100 satelit. Temuan ini membuat planet bercincin tersebut saat ini menjadi planet dengan satelit terbanyak di tata surya, melampaui rekor Jupiter.

Hitungan terbaru ini berasal dari Minor Planet Center, bagian dari International Astronomical Union yang bertugas mendokumentasikan planet-planet minor.

Dikutip dari IFL Science, Jumat (12/5/2023) dalam pengamatan tersebut, ahli menemukan 28 satelit alami baru di sekitar Saturnus sehingga total planet tersebut memiiki 117 satelit.

Sebagai perbandingan, Jupiter saat ini memiliki 95 satelit yang diakui.

Di antara banyak satelit, Enceladus merupakan salah satu satelit Saturnus yang menarik karena disebut sebagai kandidat kuat yang berpotensi menampung kehidupan di luar Bumi.

Menentukan jumlah satelit Saturnus

Saturnus dan Jupiter adalah dua planet paling masif di tata surya. Artinya mereka juga memiliki banyak tarikan gravitasi yang mampu memperebutkan batuan luar angkasa yang lewat di orbitnya.

Baca juga: Berapa Banyak Gunung Berapi di Planet Venus?

Oleh karenanya, dalam hal ini agak sulit untuk menentukan berapa banyak satelit yang mengorbit planet, baik Saturnus maupun Jupiter.

Alasannya, ada beberapa perdebatan mengenai definisi satelit. Sementara soal ukurannya, tidak ada definisi pasti tentang apa yang membentuk satelit.

Saturnus adalah contoh yang sangat menarik, karena planet ini terkenal dengan cincin yang mengelilinginya, yang terdiri dari miliaran bongkahan es dan batu kecil.

Namun saat ini, ilmuwan tidak mendefinisikannya sebagai satelit. Astronom pun terus melakukan pengamatan baru terhadap satelit alami yang mengorbit planet.

Sekarang ada ratusan calon satelit Jupiter dan Saturnus yang menunggu untuk dikonfirmasi.

Dengan demikian, gelar planet dengan satelit terbanyak sering berpindah, bolak-balik antara Saturnus dan Jupiter.

Persaingan antara Saturnus dan Jupiter sepertinya tidak akan selesai dalam waktu dekat. Namun untuk saat ini, Saturnus menjadi pemenang sebagai planet dengan satelit terbanyak di tata surya.

Baca juga: Berapa Banyak Gunung Berapi Bawah Laut di Bumi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com