Kompas.com - 13/05/2023, 15:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Pengamatan baru menunjukkan bahwa Saturnus memiliki lebih dari 100 satelit. Temuan ini membuat planet bercincin tersebut saat ini menjadi planet dengan satelit terbanyak di tata surya, melampaui rekor Jupiter.

Hitungan terbaru ini berasal dari Minor Planet Center, bagian dari International Astronomical Union yang bertugas mendokumentasikan planet-planet minor.

Dikutip dari IFL Science, Jumat (12/5/2023) dalam pengamatan tersebut, ahli menemukan 28 satelit alami baru di sekitar Saturnus sehingga total planet tersebut memiiki 117 satelit.

Sebagai perbandingan, Jupiter saat ini memiliki 95 satelit yang diakui.

Di antara banyak satelit, Enceladus merupakan salah satu satelit Saturnus yang menarik karena disebut sebagai kandidat kuat yang berpotensi menampung kehidupan di luar Bumi.

Menentukan jumlah satelit Saturnus

Saturnus dan Jupiter adalah dua planet paling masif di tata surya. Artinya mereka juga memiliki banyak tarikan gravitasi yang mampu memperebutkan batuan luar angkasa yang lewat di orbitnya.