Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Vitamin dan mineral, salah satunya adalah vitamin E, disebut-sebut dapat membuat kulit halus, kenyal, dan bercahaya.

Vitamin E bisa kita peroleh secara alami dari makanan, melalui suplemen, atau produk-produk perawatan kecantikan.

Manfaat vitamin E untuk kulit 

Dilansir dari Cleveland Clinic, vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak yang bertindak sebagai antioksidan, yang mampu membantu melindungi sel dari kerusakan. 

Vitamin E ditemukan di sebum (minyak kulit), yang menciptakan penghalang alami untuk menjaga kelembapan di kulit. 

Jadi, permukaan kulit yang lebih berminyak, seperti wajah, mengandung lebih banyak vitamin E. Oleh sebab itu, orang dengan kulit berminyak memiliki lebih banyak sebum, yang berarti mereka juga memiliki lebih banyak vitamin E di kulitnya.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Kekurangan Vitamin C?

Sebum, bersama dengan kadar vitamin E, secara alami menurun seiring bertambahnya usia. Vitamin E juga terkuras oleh sumber sinar ultraviolet (UV) seperti sinar matahari.

Mengenai manfaat vitamin E untuk kulit, dokter kulit Amy Kassouf, MD, mengatakan bahwa mungkin vitin E membuat pelembap bekerja lebih baik, tetapi tidak jelas di sebagian besar penelitian apakah vitamin E memiliki peran secara langsung.

Vitamin E tidak mengobati kondisi kulit tertentu selain membantu mengatasi penuaan kulit secara umum dan kurangnya kelembaban. Adapun manfaat vitamin E bagi kelembapan kulit adalah: 

  • Menghentikan kulit dari kehilangan kelembaban
  • Melindungi sel dari kerusakan
  • Melembutkan kulit

Baca juga: 5 Vitamin untuk Atasi Badan Lemas dan Menambah Energi

Kassouf menyebut meski buktinya belum jelas, vitamin E juga dapat mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dengan menyerap sinar UVB dan mengurangi respons inflamasi kulit.

Tapi jangan ganti tabir surya dengan minyak vitamin E. Vitamin E dapat menyerap sebagian sinar UVB, tetapi tidak semuanya. 

Selain itu, vitamin E tidak melindungi kulit dari sinar UVA, yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit. Dan berbagai penelitian telah membuktikan bahwa vitamin E tidak mencegah atau membantu mengobati kanker kulit.

Makanan yang mengandung banyak vitamin E

Ilustrasi vitamin e.Shutterstock/Tatjana Baibakova Ilustrasi vitamin e.

Selain melalui suplemen dan produk perawatan kecantikan, kita juga bisa mendapat asupan vitamin E dari makanan. Dilansir dari Healthline, berikut adalah daftar makanan yang kaya akan vitamin E:

Baca juga: 13 Vitamin yang Paling Penting untuk Tubuh

1. Minyak biji gandum

  • 1 sendok makan: 20 mg vitamin E 
  • 100 gram: 149 mg vitamin E

2. Biji bunga matahari 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com