Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2023, 11:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa dari kita sering merasa sulit tidur karena alasan yang beragam. Tentunya, masalah ini perlu diatasi agar tidak berlarut-larut.

Salah satu cara agar kita bisa tidur lebih cepat adalah dengan membuat tubuh dan pikiran merasa nyaman. 

Misalnya, menurut National Sleep Foundation, menghangatkan kaki dengan memakai kaus kaki akan memberi sinyal tidur pada otak sehingga otak akan tahu kapan saatnya untuk tidur.

Selain membantu tidur lebih baik, memakai kaus kaki saat tidur juga memiliki manfaat lainnya.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan yang Telah Terbukti

Manfaat tidur pakai kaus kaki

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat tidur pakai kaus kaki.

1. Mencegah hot flashes: Beberapa wanita merasa memakai kaus kaki dapat membantu untuk mendinginkan suhu inti tubuh mereka.

2. Memperbaiki tumit pecah-pecah: Mengenakan kaus kaki katun setelah melembabkan kaki dapat membantu menjaga tumit tidak kering.

3. Meningkatkan potensi orgasme: Menurut BBC, para peneliti secara tidak sengaja menemukan bahwa memakai kaus kaki dapat meningkatkan kemampuan partisipan untuk mencapai orgasme hingga 30 persen.

4. Mengurangi kemungkinan serangan Raynaud: Penyakit Raynaud adalah kondisi yang menyebabkan area kulit yang terkena, biasanya jari kaki, kehilangan sirkulasi dan mulai berdenyut atau membengkak. Memakai kaus kaki saat tidur dapat membantu mencegah kondisi ini dengan menjaga kaki tetap hangat dan sirkulasi darah tetap lancar.

Baca juga: 3 Manfaat Campuran Susu dan Madu untuk Kesehatan

Dikutip dari Cleveland Clinic, spesialis gangguan perilaku tidur, Michelle Drerup, PsyD, DBSM, mengatakan bahwa ada alasan fisiologis yang lebih dalam mengenai kebiasaan memakai kaus kaki saat tidur. 

Ini adalah proses yang disebut vasodilatasi distal. Tubuh kita secara alami bekerja untuk menurunkan suhu inti di malam hari untuk membantu kita tidur. 

Kondisi demikian terjadi sebagai bagian dari ritme sirkadian, yakni jam internal 24 jam yang mengatur siklus tidur-bangun. 

Tetapi, jika kaki kita terlalu dingin, suhu inti mungkin benar-benar naik satu atau dua tingkat, kata Dr. Drerup. Pasalnya, tubuh mengirimkan lebih banyak aliran darah, dan panas yang menyertainya, ke area inti. 

Baca juga: Apa Manfaat Minum Susu Hangat Sebelum Tidur?

Jadi, memakai kaus kaki yang nyaman dan hangat akan merilekskan dan melebarkan pembuluh darah yang menyempit saat dingin. 

Peningkatan sirkulasi darah di seluruh tubuh membantu melepaskan lebih banyak panas melalui kulit. 

Dr. Drerup pun menjelaskan, dengan membuat kaki lebih hangat, kita membuka pembuluh darah untuk membantu mendinginkan bagian tubuh lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com