Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Manfaat Habiskan Waktu di Ruang Terbuka Hijau untuk Kesehatan

Kompas.com - 18/01/2023, 10:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sering menghabiskan waktu di ruang terbuka hijau seperti taman dan kebun dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Dalam sebuah penelitian baru yang dilakukan di Finlandia menunjukkan bahwa manfaat menghabiskan waktu di ruang terbuka hijau bisa membantu mengurangi penggunaan obat resep.

Sebenarnya tak ada hubungan antara penggunaan obat resep dan jumlah ruang terbuka hijau tetapi keluar dan menghabiskan waktu di tempat itulah yang membuat perbedaan.

Dikutip dari Science Alert, Selasa (17/1/2023) dalam studinya, peneliti dari Finnish Institute for Health and Welfare, Tampere University di Finlandia serta University of Eastern Finland menggunkaan data dari sekitar 6.000 penduduk Helsinki.

Baca juga: Ini Manfaat Daun Kelor untuk Alat Vital Pria

Dalam studi untuk melihat manfaat kesehatan menghabiskan waktu di ruang terbuka hijau ini, data yang digunakan berkaitan dengan penggunaan obat untuk kondisi seperti kecemasan, insomnia, depresi, tekanan darah tinggi, dan asma sebagai proksi untuk kesehatan mereka.

Peserta studi kemudian juga ditanyai tentang obat-obatan yang digunakan serta seberapa banyak ruang terbuka hijau (lingkungan alami di darat dan dekat danau, sungai, dan lautan) yang dapat mereka lihat dari rumah serta seberapa sering menghabiskan waktu atau berolahraga di sana.

Peneliti menemukan tiga atau empat kunjungan di ruang terbuka hijau dikaitkan dengan kemungkinan penggunan obat kesehatan mental 33 persen lebih rendah.

Selain itu juga, studi manfaat kesehatan menghabiskan waktu di ruang terbuka hijau ini juga menemukan bahwa kemungkinan penggunaan obat tekanan darah 36 persen lebih rendah dan 26 persen lebih rendah dalam pemakaian obat asma.

Baca juga: Ini Manfaat Penting Menjaga Kesehatan Gigi Selama Pandemi Covid-19

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com