Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan-hewan Kanibal yang Memakan Pasangannya Usai Kawin

Kompas.com - 24/02/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Britannica


KOMPAS.com - Kawin bisa menjadi hal yang berbahaya dalam dunia hewan. Dalam banyak kasus, setelah kawin, pejantan akhirnya mati atau salah satu menjadi kanibal dengan memangsa pasangannya.

Perilaku mengerikan hewan-hewan usai kawin itu, dikutip dari Science ABC, Kamis (23/2/2023) merupakan salah satu cara praktis mendapatkan energi dan nutrisi usai kawin sekaligus persiapan untuk melahirkan keturunannya.

Hewan-hewan kanibal usai kawin

Lantas hewan-hewan apa saja sih yang melakukan kanibalisme seksual terhadap pasangannya?

Berikut beberapa hewan kanibal usai kawin, seperti dikutip dari Britannica, Kamis (23/2/2023).

  • Belalang

Serangga yang menunjukkan kanibalisme seksual adalah belalang, meskipun tidak semua spesies mempraktikkannya. Dibandingkan dengan belalang jantan, tubuh betina jauh lebih besar dan kuat, dan ini memudahkan untuk menangkap mangsanya.

Belalang betina akan mengirim sinyal kimia feromon untuk menarik jantan, namun ketika pejantan mencoba kawin dengan betina, belalang jantan cenderung diserang.

Baca juga: Hewan-hewan Pengisap Darah

Uniknya, bahkan jika belalang jantan dipenggal oleh betina, belalang jantan masih bisa kawin, karena saraf di perutnya mengendalikan tubuh.

Sekali bertelur seekor belalang betina dapat menghasilkan sekitar 100 telur. Oleh karena itu, memakan belalang jantan dapat memberi nutrisi yang dibutuhkan betina untuk melahirkan keturunannya.

  • Laba-laba Black Widow

Laba-laba Black Widow adalah hewan lain yang terkadang mempraktikkan kanibalisme seksual. Seperti belalang, tubuh laba-laba jantan jauh lebih kecil daripada betina, umumnya kurang dari setengah ukuran betina.

Laba-laba betina akan membuat jaring yang ditutupi dengan feromon mereka, sedangkan pejantan yang tertarik kemudian melakukan pengurangan jaring dengan memotong sebagian jaring dan menutupi bau betina dengan miliknya.

Agar pejantan dapat kawin dengan laba-laba betina, ia harus menempatkan sebagian tubuhnya di antara taring betina. Jelas, ini membuatnya cukup mudah untuk dimakan.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa laba-laba Black Widow jarang memakan pasangannya di alam liar dan praktik kanibalisme seksual pada spesies ini umumnya lebih sering terjadi di penangkaran.

Baca juga: Hewan-hewan yang Dianggap Sebagai Peramal Cuaca

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com