Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2022, 19:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Anjing telah dikenal sebagai salah satu hewan peliharaan kesayangan dan sahabat manusia. Namun, sebenarnya berapa lama anjing bisa hidup menemani tuannya?

Ternyata harapan hidup rata-rata seekor anjing adalah lebih dari 10 tahun. Akan tetapi, masa hidup anjing sangat bervariasi di antara ras-ras anjing yang ada.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada April 2022 di Scientific Reports, seperti dikutip dari Live Science, Senin (26/12/2022), masa hidup anjing sangat bergantung pada jenis rasnya.

Peneliti telah menganalisis usia dari lebih 30.000 anjing yang mati antara tahun 2016 dan 2020. Mereka pun menghitung harapan hidup dari rata-rata 18 breed dan anjing blasteran di Inggris Raya.

Berdasarkan studi tersebut, para peneliti mengungkapkan bahwa harapan hidup anjing rata-rata 11,2 tahun, namun masa hidup sahabat manusia ini bervariasi menurut jenis atau ras anjing tersebut.

Baca juga: Berapa Lama Manusia Bisa Menahan Napas di Dalam Air?

Seorang dokter hewan dan ahli epidemiologi di Royal Veterinary College di Hertfordshire, Inggris, Dr. Dan O'Neill mengatakan bahwa penciptaan breed telah ada sejak 150 tahun lalu yang memungkinkan peternak anjing "untuk melepaskan keinginan tentang betapa liar dan ekstremnya kita dapat membentuk kembali tubuh anjing.

Ia pun mencatat bahwa ada banyak anjing yang dijinakkan yang tidak lagi memiliki fungsi sebagai mana mestinya, seperti menjadi anjing penggiring atau penjaga.

Anjing kecil bisa hidup lebih lama

Selain itu, peneliti juga menemukan, masa hidup anjing kecil dapat lebih lama dibandingkan anjing besar.

"Keuntungan harapan hidup untuk anjing kecil benar-benar berlawanan dengan aturan dasar harapan hidup di seluruh spesies di dunia alami, di mana spesies yang lebih kecil umumnya hidup lebih pendek daripada spesies yang lebih besar," jelas O'Neill.

Baca juga: Berapa Lama Tata Surya Terbentuk? Ini Perkiraan Ilmuwan...

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com