Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Kaki Gemuk, Seberapa Cepat Komodo Berlari?

Kompas.com - 17/10/2022, 09:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Komodo adalah predator puncak dan segala sesuatu mulai dari gigitan hingga panjang kakinya membuat mereka menjadi ‘mesin’ berburu yang sangat baik.

Ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya, seberapa cepat komodo bisa berlari?

Kecepatan Komodo berlari

Seekor komodo dapat berlari hingga 20 km per jam. Namun, komodo hanya bisa mempertahankan kecepatan itu selama beberapa puluh meter.

Karena itu, gaya berburu utama komodo adalah melalui serangan penyergapan dan menggigit mangsanya daripada mengejarnya.

Baca juga: Komodo Berasal dari Mana?

Meskipun komodo tampaknya memiliki kaki yang gemuk, ia dapat berlari sangat cepat.

Kecepatan mereka sebagian besar digunakan untuk memanfaatkan mangsanya saat berada di zona serang dan belum tentu digunakan untuk mengejar mangsa atau berpindah dari satu tempat ke tempat berikutnya.

Seekor Komodo dapat berlari lebih cepat dari manusia. Tapi, manusia yang punya kemampuan berlari sangat cepat, seperti pelari Usain Bolt bisa berlari lebih cepat dari komodo.

Alasan Komodo berlari

Sebagian besar komodo lebih suka berjalan daripada berlari. Seekor komodo dapat berjalan sekitar 12 km dalam satu hari.

Pada dasarnya, komodo bukan makhluk yang suka bertualang dan cenderung tinggal di dalam area di mana mereka menetas. Jadi, satu-satunya kebutuhan komodo untuk berlari cepat adalah menyerang mangsanya.

Tidak seperti manusia, komodo tidak membutuhkan banyak waktu untuk mempercepat larinya saat akan menyerang mangsa. Itulah mengapa Komodo merupakan predator yang berbahaya, bahkan bagi manusia.

Komodo menggunakan kecepatan berlari mereka terutama untuk dua alasan, yaitu menyerang mangsa dan melarikan diri dari komodo lainnya.

Pasalnya, Komodo adalah kanibalisme. Mereka akan memakan komodo yang lebih kecil jika ada kesempatan. Itulah sebabnya komodo kecil menghabiskan sebagian besar waktunya di pepohonan.

Baca juga: Apakah Komodo Berbahaya dan Bisa Membunuh Manusia?

Ilustrasi komodo di TN Komodo.WIKIMEDIA COMMONS/ALDOARIANTO.87 Ilustrasi komodo di TN Komodo.

Namun, ada saat-saat ketika komodo kecil mungkin perlu melarikan diri dari komodo dewasa, agar tidak dimakan. Bahkan ada saat-saat di mana seekor komodo dewasa perlu lari dari komodo lain, agar tetap hidup.

Komodo muda akan hidup di pohon sampai mereka siap untuk memakan mangsa yang lebih besar dari hewan pengerat, monyet, kambing, dan babi hutan.

Ini umumnya terjadi ketika mereka berusia sekitar 5 tahun. Jika mereka terus berkembang dan bertahan hidup, mereka pada akhirnya akan dapat mengalahkan kerbau, rusa, dan babi.

Komodo adalah makhluk penyendiri dan dapat dan akan memakan hampir semua yang dapat mereka tangkap. Komodo dapat mengkonsumsi hingga 80 persen dari berat tubuhnya dalam sekali makan.

 Baca juga: Mengenal Komodo, Hewan Endemik Indonesia yang Terancam Punah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com