Kompas.com - 29/07/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Komodo adalah salah satu satwa endemik Indonesia yang memiliki keunikan, salah satunya dapat memanjat pohon. Hewan ini, diklasifikasikan International Union for Conservation of Nature (IUCN) dalam kategori spesies 'terancam punah'.

Komodo merupakan kadal terbesar dan tertinggi di dunia. Komodo dapat ditemui di kawasan Taman Nasional Komodo, yang menghuni tiga pulau besar yakni Komodo, Rinca, dan Padar, serta dua pulau kecil yaitu Gili Motang dan Nusa Kode, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: Taman Nasional Komodo Perlu Pembatasan Pengunjung, Ini Alasannya

Di sisi lain, komodo juga memiliki keunikan dan ciri khasnya. Untuk mengetahuinya lebih dalam, berikut fakta-fakta komodo.

1. Ukuran komodo jantan dan betina

Dijelaskan oleh naturalis guide (pemandu) di Pulau Komodo, Haryono Abdullah, dua jenis kelamin hewan ini sangat berbeda.

Reptil raksasa yang juga disebut Varanus komodoensis itu, memiliki panjang tubuh hingga 3 meter dengan berat sampai kg.

Apabila dilihat dari ukuran fisiknya, umumnya komodo jantan lebih besar dibandingkan dengan betina. Rata-rata panjang badan betina adalah 2,5 meter. Komodo juga memiliki sisik tebal dan kering di seluruh kulitnya.

"Kalau bedanya jantan sama betina itu dari ukurannya. Kalau si jantan kepalanya besar, badannya besar, dan ekornya panjang. Kalau si betina kepala kecil, badan kecil, ekor pendek," ucap Haryono saat ditemui di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (28/7/2022).

2. Habitat dan populasi komodo

Komodo yang menempati Pulau Komodo hidup di seluruh area ini. Mereka adalah hewan yang individual atau tidak berkelompok dengan komodo lainnya.

"Mereka enggak punya teritori. Mereka itu bebas. Kehidupannya soliter, enggak bergrup, masing-masing," terangnya.

Adapun mengutip data Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, berdasarkan monitoring populasi pada 2017, diperkirakan ada 2.884 ekor komodo di Taman Nasional Komodo.

Khusus di Pulau Komodo, kata Haryono, ada sekitar 1.700-an komodo yang tercatat dari tahun 2012 hingga 2013.

"Sebenarnya di sini mungkin lebih dari itu. Cuma yang terdata itu 1.700-an," imbuhnya.

Baca juga: Taman Nasional Komodo Jadi Rumah Pari Manta Terbesar di Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.