Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2022, 19:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber AZ Animals

KOMPAS.com - Komodo adalah karnivora sejati, yang berarti makanan utamanya adalah daging, termasuk daging hewan seperti rusa, kambing, dan babi.

Hewan ini merupakan spesies kadal terbesar di dunia, yang mampu tumbuh hingga tiga meter dengan beratnya mencapai 165 kilogram.

Para ahli berhipotesis, bahwa komodo berevolusi menjadi begitu besar sebagai respons berbagi habitat dengan mangsa besar seperti mamalia.

Bahkan saat ini, kekuatan dan ukuran spesies ini memungkinkannya untuk berburu dan membunuh hewan yang jauh lebih besar dari dirinya sendiri.

Baca juga: Mengenal Komodo, Hewan Endemik Indonesia yang Terancam Punah

Lalu, apa saja yang dimakan Komodo?

Komodo adalah spesies kadal yang soliter dan merupakan pemburu oportunistik. Mereka akan berburu dan membunuh apa pun yang melintasi jalan mereka.

Spesies ini lebih suka berburu mangsa hidup. Namun, mereka adalah pemakan yang rakus, sehingga mereka juga akan memakan hewan mati yang mereka temui.

Meskipun komodo tidak berburu bersama, mereka akan terlihat dalam kelompok-kelompok kecil yang berkumpul di sekitar satu bangkai.

Pemilihan mangsa tergantung pada ukuran komodo. Komodo dewasa besar lebih suka berburu mamalia besar yang diperkenalkan oleh manusia di habitat aslinya

Biasanya Komodo makan hewan seperti babi, anjing, kambing, rusa, kuda, dan kerbau. Selain itu juga hewan-hewan yang berukuran lebih kecil termasuk tikus kecil, rusa, babi hutan, burung, dan monyet.

Bahkan, komodo besar juga bisa memangsa rekan-rekan mereka yang lebih kecil. Komodo besar akan secara aktif memburu Komodo kecil, dengan cara yang sama seperti memburu mangsa lainnya.

Komodo juga merupakan pendaki yang mahir, dan akan berburu di pohon untuk mencari makan.

Anggota spesies Komodo yang lebih kecil kemungkinan besar memanjat untuk menangkap mangsa, sambil menghindari komodo yang lebih besar.

Sementara komodo besar cenderung tidak memanjat untuk berburu, mereka lebih memilih berburu mamalia yang lebih besar di tanah.

Baca juga: Apakah Komodo Berbahaya dan Bisa Membunuh Manusia?

Ilustrasi pulau Komodocanva.com Ilustrasi pulau Komodo

Berapa banyak Komodo makan?

Komodo mencari mangsa secara konsisten, dan sebagian besar waktunya dihabiskan untuk mencari makanan.

Namun, mereka bisa pergi beberapa jam tanpa makanan saat berburu. Hal ini disebabkan kemampuan mereka untuk mengonsumsi sejumlah besar makanan pada satu waktu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com