Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perilaku Aneh Penguin, Tinggallkan dan Tolak Erami Telur Pertama

Kompas.com - 14/10/2022, 09:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Ada perilaku yang cukup aneh dari penguin jambul tegak yang terancam punah. Penguin ini menolak untuk mengerami telur pertama dan lebih memilih telur kedua untuk dierami.

Lantas apa alasan di balik perilaku aneh penguin jambul tegak itu?

Dilansir dari Phys, Kamis (13/10/2022), dari semua spesies penguin, penguin jambul tegak paling sedikit dipelajari.

Hal ini berkaitan dengan tempat berkembang biak mereka, yakni di dua pulau terpencil di tenggara Selandia Baru, Antipodes dan Kepulauan Bounty.

Pada tahun 1998, Llyod Davis dari University of Otago di Selandia Baru bersama rekannya mengunjungi kedua pulau tersebut untuk mengamati kebiasaan kawin dan bertelur penguin.

Lalu dalam studi barunya, Llyod kemudian menganalisis ulang data pengamatan secara ekstensif, sehingga dapat menjadi referensi untuk studi masa depan dan upaya konservasi penguin ini.

Baca juga: Bagaimana Evolusi Penguin Mengubah Burung Ini Jadi Perenang Handal?

Dalam analisis terbarunya ini, peneliti menyebut perilaku aneh penguin jambul tegak terlibat dalam kebiasaan reproduksi yang disebut pengurangan mengerami, yang mana burung bertelur lebih banyak daripada yang bisa mereka erami.

Telur pertama penguin jambul tegak berukuran lebih kecil sementara itu lima hari kemudian penguin akan bertelur telur kedua yang berukuran lebih besar.

Anehnya, Davis menemukan telur pertama biasanya hilang dari sarang sebelum atau tak berselang lama setelah telur kedua diletakkan.

Induk penguin bahkan dengan sengaja memecahkan atau mengelurkan telur pertama dan setelah itu tak mengeraminya. Inkubasi stabil baru terjadi setelah induk penguin bertelur telur kedua.

Peneliti menyebut pula, penguin mempertahankan kebiasaan ini sejak nenek moyangnya.

Lalu apa alasan salah satu jenis penguin terancam punah tersebut melakukan perilaku aneh tak mau mengerami telur pertamanya?

Baca juga: Penguin Langka dari Antartika Ini Tersasar sampai Selandia Baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com