Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koloni Baru Penguin di Antartika Ditemukan Berkat Studi Siswa SMA

Kompas.com - 19/11/2020, 16:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber BBC


KOMPAS.com- Berkat studi dari sekelompok siswa sekolah menengah atas di Stirling High School, sejumlah koloni penguin di Antartika ditemukan.

Keberhasilan yang dicapai sekelompok murid ini mendapat apresiasi dari para peneliti di British Antarctic Survey yang langsung menindaklanjuti temuan koloni baru penguin, seperti dikutip dari BBC, Kamis (19/11/2020).

Awalnya, para siswa ini tengah mengembangkan dan membuat kode algoritma untuk mengidentifikasi koloni baru penguin dari citra satelit.

Untuk memastikan hasil temuan tersebut, para peneliti kemudian menggunakan pencitraan beresolusi lebih tinggi untuk memastikan keberadaan koloni penguin tersebut.

Baca juga: Kekuatan Kotoran, Ungkap Keberadaan Koloni Penguin Kaisar yang Tersembunyi

 

 

Studi mereka mengungkapkan hampir 20 persen lebih koloni penguin kaisar di Antartika. Jauh lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya.

Proyek studi yang dilakukan para siswa ini terinspirasi oleh program Sir David Attenborough tentang semakin memburuknya kondisi penguin saat ini.

Melalui studi tersebut, mereka ingin melihat apakah koloni penguin dapat ditemukan dengan menggunakan citra satelit yang tersedia secara gratis dan didukung dengan perangkat lunak dalam memprosesnya.

Studi ditemukannya koloni penguin oleh para siswa SMA tersebut telah diakui dalam makalah yang ditinjau oleh rekan sejawat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com