Kompas.com - 19/11/2020, 13:05 WIB
ilustrasi sariawan shutterstockilustrasi sariawan

KOMPAS.com - Ahli mengingatkan, untuk tidak menganggap sepele ketika mengalami luka di dalam rongga mulut.

Dokter Spesialis Penyakit Mulut dari RS Mitra Keluarga Bintaro, dr Rusmawati Ruslan SpPM mengatakan, umumnya masyarakat menyebutnya sebagai sariawan saat terjadi luka di dalam rongga mulut.

Padahal, ada penyakit lain yang bisa terjadi di rongga mulut yang lebih berbahaya dari sariawan. Tapi, penyakit ini jarang disadari oleh masyarakat.

Penyakit yang dimaksud adalah kanker rongga mulut, yang bisa berakibat fatal menyebabkan kematian jika terlambat diatasi.

Baca juga: Kenali Faktor Pemicu Sariawan, dari Bahan Kimia hingga Stres

Rusmawanti menjelaskan, kanker adalah pertumbuhan abnormal pada sel yang tidak terkendali, tidak terbatas jelas dengan jaringan sehat, dan punya sifat anaplasia, bermestasis dan pertumbuhannya cepat.

Sementara, kanker rongga mulut adalah pertumbuhan sel kanker pada rongga mulut, bibir, lidah, gusi, mukosa pipi, langit-langit dalam mulut, dan dasar mulut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Biasanya squamous cell carcinoma itu jenis kanker yang paling sering," kata Rusmawati dalam diskusi daring dari Kalbe Farma Edukasi Kesehatan Mulut (Aloclair plus: Obat Sariwan) bertajuk Membedakan Sariawan Biasa dan Kanker Mulut, Jumat (13/11/2020).

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, kanker mulut tercatat 5,6 persen dari total kasus kanker. 

Tetapi, diperkirakan akan meningkat 21,5 persen di tahun 2020 akibat kurangnya deteksi dini dan gejala yang kerap diabaikan.

Dari semua kesakitan akibat kanker, 3-4 persennya adalah porsi dari kanker mulut. Bahkan, 2-3 persen di antara kasus tersebut berujung pada kematian.

Rusmawanti mengatakan, risiko kematian akibat kanker mulut biasanya disebabkan karena pasien datang ketika diagnosis penyakit sudah sangat berat. Umumnya, mereka mengira luka tersebut hanyalah sariawan biasa.

"Sariawan tidak termasuk penyakit mulut yang serius dan tidak berbahaya, sehingga perawatannya kerap dianggap sebelah mata. Padahal, itu (sariawan) bisa juga berakibat ke kanker mulut atau bisa jadi itu memang kanker mulut (tapi tidak diketahui)," ujarnya.

Baca juga: Kenali 3 Jenis Sariawan dan Cara Pengobatannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.