Habitat Penguin di Ujung Dunia Terancam Sampah Plastik

Kompas.com - 07/10/2020, 09:03 WIB
Ilustrasi penguin Magellan. SHUTTERSTOCK/GiedriiusIlustrasi penguin Magellan.

KOMPAS.com - 500 tahun lalu, Ferdinand Magellan adalah orang Eropa pertama yang melayari lokasi paling selatan di Amerika Selatan. Di tempat bersuhu dingin inilah hidup jenis pinguin Magellan, yang namanya berasal dari pionir eksplorasi asal Spanyol itu.

Andrea Raya Rey, seorang pakar biologi dari Southern Center for Scientific Research di Argentina, melakukan eksplorasi ke kawasan di selatan yang bernama Tierra del Fuego.

Di kawasan inilah ia dan timnya melakukan perjalanan untuk mencapai tujuh koloni penguin yang terpencil. Salah satu tempat yang dituju adalah Isla Martillo.

Di pulau tersebut terdapat sekitar 5.000 pasangan penguin Magellan dan 50 pasangan penguin Gentoo. Koloni itu sudah ada sejak tahun 1970-an, tapi tim Andrea Rey baru mulai mengamatinya sejak tahun 90-an. Sejak itu, jumlah penguin selalu bertambah.

Baca juga: Es Antartika Meleleh, Kuburan Penguin Berusia 5.000 Tahun Terungkap

Lautan yang tenang memungkinkan peneliti membawa peralatan mereka ke daratan tanpa banyak masalah.

Penguin yang berada di sana tidak tampak terganggu oleh pendatang. Ada beberapa spesies yang hidup di pulau ini.

Andrea Rey telah memenangkan penghargaan bagi pengetahuannya tentang dampak manusia terhadap kehidupan penguin, setelah bertahun-tahun meneliti koloni penguin ini.

Perubahan iklim mempengaruhi kehidupan penguin

Penguin Magellan bertelur dan membesarkan anak-anaknya di sebuah liang yang digali di tanah. Namun demikian, walau terletak jauh di tempat terpencil, keselamatan burung-burung ini masih sangat dipengaruhi aktivitas manusia.

Perubahan iklim yang memicu naiknya suhu laut menyebabkan berubahnya rantai makanan hewan laut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X