Kompas.com - 06/10/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi exoplanet mirip planet Bumi yang dapat dihuni. SHUTTERSTOCK/Jurik PeterIlustrasi exoplanet mirip planet Bumi yang dapat dihuni.


KOMPAS.com- Ambisi ilmuwan untuk menemukan planet yang dapat dihuni seperti Bumi semakin membuka berbagai studi dan penemuan baru.

Kali ini, seperti dilansir dari CNet, Selasa (6/10/2020), para ilmuwan menemukan exoplanet atau planet ekstrasurya yang menjanjikan untuk dapat dihuni, yang diklaim bahkan lebih baik dari Bumi.

Temuan itu dipaparkan dalam studi In Search for a Planet Better than Earth yang diterbitkan dalam jurnal Astrobiology bulan lalu.

Ahli geologi dari Washington State University (WSU), Dirk Schulze-Makuch yang memimpin penelitian tersebut mengungkapkan dalam makalah ini telah mengidentifikasi dua lusin exoplanet yang bisa menjadi dunia 'superhabitable'.

Baca juga: 20 Planet Baru Mirip Bumi Ditemukan, Bisakah Ditinggali?

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada serangkaian kriteria agar suatu planet dapat memenuhi syarat sebagai planet yang berpotensi dapat dihuni.

Daftar tersebut mencakup usia planet, antara 5 miliar dan 8 miliar tahun, sementara umur Bumi sekitar 4,5 miliar tahun dan lokasi di dalam zona layak huni bintang yang memiliki air.

Para ilmuwan juga mencari bintang berumur panjang yang lebih dingin dari matahari kita.

Namun, alih-alih fokus pada planet serupa Bumi, tim ilmuwan mencari planet yang lebih masif dari planet yang kita tinggali.

Peneliti menyebut, salah satu exoplanet berukuran sekitar 1,5 kali massa Bumi diharapkan dapat mempertahankan interiornya melalui peluruhan radioaktif yang lebih lama.

Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X