Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis: Pengertian dan Contoh

Kompas.com - Diperbarui 09/02/2023, 10:56 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Apa yang ada dalam benak Anda jika mendengar istilah biodiversitas atau keanekaragaman hayati? Mungkin Anda membayangkan sebuah hutan yang penuh dengan makhluk hidup.

Ya, keanekaragaman hayati atau biodiversitas adalah keberagaman makhluk hidup yang terjadi karena adanya perbedaan warna, ukuran, bentuk, jumlah tekstur, penampilan, dan sifat-sifat lainnya.

Keanekaragaman makhluk hidup ini dapat terlihat dari persamaan ciri antara makhluk hidup. 

Baca juga: 5 Negara dengan Biodiversitas Tertinggi di Dunia, Indonesia Nomor 2

Misalnya, ada tumbuhan yang berbatang tinggi, seperti pohon palem, pohon mangga, pohon beringin, pohon kelapa, dan ada juga pohon berbatang rendah, seperti pohon cabai, tomat, dan lain-lain. 

Kemudian, ada hewan-hewan berbulu dan ada hewan bersisik, ada hewan yang bergerak dengan berjalan dan ada yang berenang. 

Keanekaragaman hayati tingkat jenis

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), keanekaragaman hayati tingkat jenis, pada hewan maupun tumbuhan, dapat diketahui dengan mengamati ciri-ciri fisiknya, seperti bentuk, ukuran tubuh, warna, dan lain-lain.

Misalnya, dalam keluarga kacang-kacangan, terdapat jenis kacang tanah, kacang kapri, kacang hijau, dan kacang buncis. Ini disebut sebagai keanekaragaman hayati tingkat jenis.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Di antara jenis kacang-kacangan tersebut, masing-masingnya dapat dibedakan berdasarkan ciri fisik, seperti ukuran batang (ada yang tinggi dan pendek), kebiasaan hidup (tumbuh tegak atau merambat), bentuk buah, bentuk biji, warna biji, jumlah biji, serta rasa yang berbeda.

Contoh lain keanekaragaman hayati tingkat jenis dapat dilihat pada keluarga kucing. 

Harimau, singa, dan kucing merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis.

Meski hewan-hewan tersebut termasuk dalam satu familia/suku Felidae, tetapi diantara mereka terdapat perbedaan-perbedaan sifat yang mencolok. 

Misalnya, perbedaan warna bulu, corak bulu, ukuran tubuh, tingkah laku, serta lingkungan hidupnya.

Baca juga: Analisis Data Keanekaragaman Hayati Ungkap Ratusan Mamalia di Dunia Belum Teridentifikasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com